Yuk Ketahui Manfaat Andaliman, Merica dari Tanah Batak

Hai sobat blog, seperti yang kita tahu, sejak dulu Indonesia memang terkenal memiliki kekayaan akan beragam jenis rempah-rempah. Salah satunya di Sumatera Utara khususnya di Toba Samosir, ada rempah spesial yang selalu digunakan hampir pada semua masakan di sana. Rempah ini bernama Andaliman, atau biasa juga disebut dengan merica Batak.

Selain cengkeh, Andaliman menjadi salah satu rempah yang memiliki jejak sejarah perjalanan bumbu Indonesia dalam peta bumbu dunia. Dalam bahasa Inggris Andaliman populer disebut Sichuan Pepper, yang merupakan rempah khas Sumatera Utara yang menjadi bumbu utama pada hampir semua makanan khas Batak.

Di kalangan Masyarakat Suku Batak, Andaliman ini begitu Populer dan sangat dikenal, sampai ada Kalimat yang mengatakan ‘Kalau Tidak Kenal Andaliman Jangan Ngaku Orang Batak’ begitulah sepenggal Kalimat yang Menyebutkan atau Menyatakan Jati Diri Orang Suku Batak.

Nah, sama seperti rempah lainnya, ternyata merica Batak ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Apa saja sih manfaatnya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Manfaat Andaliman Bagi Kesehatan

- Meredakan Nyeri

Sama seperti merica lainnya, andaliman juga bersifat analgesik yang bertindak untuk menghilangkan rasa sakit.

- Menambah Darah

Kadar zat besi yang cukup tinggi dalam Andaliman membantu membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan. Pada akhirnya, ini juga akan memperlancar peredaran darah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

- Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat andaliman selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kadar zinc-nya yang tinggi.

Ketika kamu tidak mendapatkan zinc dalam jumlah yang cukup dari makanan, kekebalan tubuh kamu akan turun. Pasalnya, zinc adalah mineral penting yang mengaktifkan sel T, sel yang berfungsi mengendalikan respon imun untuk menyerang penyebab penyakit dilansir dalam laman Medical News Today. Itu mengapa kalau kekurangan zinc kamu bisa sangat mudah terserang infeksi dan sembuhnya cukup lama.

- Menguatkan Tulang

Ada beberapa mineral penting yang ditemukan dalam jumlah kecil dalam andaliman. Beberapa di antaranya adalah fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Semua ini diperlukan untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah gangguan tulang yang berkaitan dengan usia, seperti osteoporosis.

Kepadatan mineral tulang dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia Anda. Karena itu penting untuk menambah asupan mineral penting, yang bisa Anda dapatkan dari merica batak.

- Meredakan Peradangan

Berbagai antioksidan dan asam organik dalam merica batak, termasuk pitosterol dan terpena, memiliki efek antiradang dalam tubuh. Peradangan adalah hasil dari stres oksidatif, yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa yang ditemukan dalam merica batak dapat menetralisir radikal bebas, sehingga menghentikan peradangan. Tak heran jika andaliman sering digunakan sebagai obat herbal untuk radang sendi dan asam urat.

- Mencegah penyakit kronis

Kanker dan penyakit kronis lainnya dapat disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang berlebihan yang menyebabkan sel-sel sehat bermutasi. Antioksidan yang ditemukan dalam merica batak bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan dari paparan stres oksidatif yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Stres oksidatif adalah dalang dari berbagai penyakit kronis Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.

Oke sobat blog, itulah beberapa manfaat dari Andaliman, merica dari tanah Batak yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar