Seputar Fakta Menarik Mie Gomak, Spaghetti Khas Batak

Berbicara mengenai kuliner, Indonesia memiliki berjuta makanan khas dari berbagai daerah. Setiap daerahnya mempunyai ciri khas dan rasa masing-masing. Salah satunya Mie Gomak yang berasal dari Sumatra Utara.

Ya, Mie Gomak merupakan kuliner khas suku Batak, Sumatra Utara. Menariknya, makanan ini hanya dapat kamu temukan di daerah sekitar Sumut. Terutama di daerah sepanjang Siantar, Parapat, Balige, Labuan Batu, Sibolga sampai Tapanuli.

Tak hanya itu, mie gomak ini juga memiliki fakta menarik yang menjadi ikon kuliner Kota Sumatra Utara, loh. Apa sih fakta menariknya? Penasaran ga sih? Yaudah, yuk ikuti ulasan berikut ini!

·      Arti Dibalik Kata ‘Gomak’

Apakah kamu tahu, kata ‘Gomak’ yang terdapat dalam nama mie tersebut diambil dari bahasa Batak yang artinya digenggam. Maksud digenggam ini adalah cara penyajian mie tersebut, di mana dari dahulu proses membuat kuliner dengan cara digenggam dengan menggunakan tangan.

Namun seiring berjalanya waktu, Mie Gomak tidak lagi disajikan dengan menggunakan tangan, tetapi menggunakan garpu atau sendok. Hal ini dilakukan demi menjaga kebersihan makanan agar tetap higenis.

·      Menyerupai Mie Spaghetti

Selain namanya yang unik, bentuk mienya pun berbeda dari kebanyakan mie di Indonesia. Mie Gomak ini memiliki bentuk panjang-panjang sehingga menyerupai spaghetti atau mie Aceh.

Tak jarang banyak yang menyebutnya dengan spaghetti versi Batak. Bedanya ukuran Mie Gomak lebih besar dibandingkan keduanya.

·      Bumbunya yang Khas

Mie Gomak merupakan salah satu kuliner Batak yang sangat lezat karena memiliki bumbu rahasia yang sangat khas. Adapun bumbu Mie Gomak sendiri terdiri dari bawang, cabai, dan merica khas Batak, yakni andaliman.

·      Penyajian

Mie gomak dapat disajikan dengan atau tanpa kuah (mie goreng). Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya; mi akan disiram kuah panas dan disajikan dalam keadaan panas. Sedangkan varian mie goreng dibuat dengan menumis mi dengan sedikit air. Mi biasa disajikan dengan telur rebus dan aneka gorengan, seperti ubi goreng, pisang goreng, tempe goreng, dan tahu goreng.

·      Menu Sarapan Favorit

Mie gomak ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan pagi di daerah-daerah tepian Danau Toba, mulai dari daerah Porsea, Laguboti, Balige, Tarutung hingga ke Tapanuli Selatan. Bahkan, di Kota Medan dan Deli Serdang kini cukup mudah menemukan menu sarapan pagi mi gomak di sejumlah warung makan.

Nah sobat blog, itulah beberapa fakta menarik di balik ‘Mie Gomak’, kuliner khas Batak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar