Resep Natinombur, Olahan Ikan Khas Batak

Hai sahabat blog, siapa nih dari kamu yang suka berwisata? Ya, berwisata adalah yang kompleks, berwisata tidak hanya bertujuan untuk melihat keindahan alam, seni budaya atau kearifan lokal setempat. Berbagai sajian kuliner dari daerah yang dikunjungipun, akan menjadi salah satu tujuan dari berwisata.

Khususnya bila berwisata ke Danau Toba, Sumatra Utara, yang terkenal dengan berbagai jenis kuliner dengan rasa lezat, cetar mangintir. Cetar mangittir ini sebagai sebutan rasa pedas dan kebas di lidah sebagai efek dari salah satu rempah endemik Khas Toba yaitu andaliman.

Menu kuliner di 8 kabupaten kota yang mengelilingi Danau Toba sebenarnya hampir sama, hanya saja penyebutan nama-namanya berbeda. Mulai dari olahan daging, ikan, nasi, semua hampir sama.

Kali ini kami akan mengulas tentang kuliner dari olahan ikan mujahir. Sebutan ikan dalam Bahasa Batak yaitu dekke, jadi kita akan membuat menu Dekke Natinombur. Dalam memasak Natinombur hal penting yang harus diperhatikan adalah Tomburnya yaitu bumbu dan saus yang dilumuri ke ikan.

Nah, buat kamu yang ingin memasak Dekke Natinombur, kamu dapat mengikuti resep di bawah ini!

Resep Dekke Natinombur

BAHAN

- 1 kg ikan mujair

- 100 gram cabe merah

- 7 biji kemiri

- 2 ruas jari jahe

- 13-15 biji cabe rawit atau sesuai selera.

- 2 kecombrang/batang kecombrang

- 5 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 2 buah tomat ukuran besar

- 2 buah jeruk nipis (1 untuk ikan, 1 untuk bumbu)

- Garam secukupnya

- Andaliman segenggam

CARA MEMBUAT

- Pertama, bersihkan ikan. Lalu belah dua dengan potongan panggang supaya daging bisa matang dengan sempurna.

- Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam sampai merata. Diamkan sekitar 15 menit.

- Kemudian panggang ikan dengan bara api atau dengan teflon anti lengket. Dipanggang di teflon mengurangi asap yang masuk ke dalam daging, jadi lebih sehat. Ini cara yang paling mudah untuk memanggang ikan. Jika ragu ikan lengket ke teflon, bisa dioles dengan sedikit mentega.

- Bolak-balik ikan mujair sampai matang dengan sempurna di kedua sisi. Tidak berair, tidak terlalu crispy dan tidak gosong.

- Sangrai atau goreng semua bumbu lainnya supaya bumbunya wangi.

- Kemudian rebus tomat, cabe dan kecombrang. Kecuali andaliman tidak perlu disangrai atau direbus. Fungsi tomat disini untuk menciptakan rasa manis pada sambal namun bisa juga tanpa tomat. Cukup ditambah sedikit air panas.

- Giling semua bumbu di ulekan. Campurkan semua bumbu termasuk andaliman. Bisa juga pakai blender supaya halus. Untuk resep ini sengaja bumbunya diulek supaya teksturnya tidak terlalu lembek.

- Jika bumbu sudah halus, tambahkan garam sesuai selera. Campur dengan sedikit air panas. Kemudian tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam bumbu. Supaya semakin nikmat rasanya.

- Kemudian lumuri ikan yang sudah dipanggang ke dalam bumbu yang sudah diselesai diramu. Lakukan bolak-balik. Ini khusus yang ingin langsung disantap. Bisa juga disajikan terpisah supaya tidak cepat basi.

Oke sahabat blog, itulah seputar cara membuat Dekke Natinombur yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar