Resep Manuk Napinadar Masakan Khas Batak

Sumatera Utara (Sumut) memiliki beragam kuliner menarik dan lezat. Salah satunya adalah manuk napinadar atau ayam napinadar. Kuliner khas Batak ini umumnya akan disajikan pada upacara adat tertentu, namun masyarakat juga bisa memasaknya sendiri di rumah.

Keunikan dari masakan Manuk Napinadar berasal dari bumbu yang menentukan cita rasanya. Rasa pedas yang ‘nyelekit’ khas dari Manuk Napinadar bukan berasal dari cabai melainkan dari salah satu bumbu dasarnya yaitu andaliman.

Selain itu, salah satu ciri Manuk Napinadar adalah campuran gota atau darah ayam yang digunakan sebagai campuran bumbu. Penggunaan darah pada campuran bumbu Manuk Napinadar ini juga bisa diganti dengan santan kelapa.

Cara mengolah Manuk Napinadar juga tidak sulit, hanya saja bahan bakunya yang memang spesifik. Untuk jenis ayam, biasanya Manuk Napinadar diolah dengan menggunakan ayam kampung jantan.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba kuliner yang satu ini, kamu dapat membuatnya dengan melihat resep di bawah ini.

Resep Manuk Napinadar

BAHAN

- Ayam kampung

- Darah ayam

- 1 buah jeruk nipis

- 2 buah serai dipotong kecil

- 5cm Lengkuas dipotong kecil

- 7cm jahe dipotong kecil

- 5cm kunyit

- 5 siung bawang putih

- 10 siung bawang merah

- 10 biji kemiri

- 15 buah cabe rawit atau secukupnya

- 2 genggam andaliman atau sesuai selera

- Garam sesuai selera

CARA MEMBUAT

- Pertama sekali potong ayam kampung dan pisahkan darah segarnya. Campur darah ayam dengan 1 sdt garam dan perasan jeruk nipis. Tujuannya supaya darah tidak membeku.

- Bersihkan ayam sampai bersih dari bulu kemudian potong kecil-kecil. Dulu ayam ini kami panggang di bara api. Namun untuk cara yang lebih simpel bisa dipanggang di teflon anti lengket.

- Panggang ayam sampai matang ke bagian dalam. Biasanya daging ayam akan berubah dari warna merah segar menjadi coklat. Tunggu sampai matang sempurna.
- Kupas semua bumbu dan sangrai sesuai bahan yang sudah aku tulis di atas kecuali cabai dan andaliman. Bumbu yang disangrai akan menciptakan aroma yang sangat wangi dari semua bumbu.

- Haluskan semua bumbu yang disangrai dan tidak disangrai. Bisa menggunakan ulekan atau blender. Aku lebih suka bumbu yang tidak terlalu halus.

- Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan sampai wangi. Kemudian tambahkan dengan darah ayam yang sudah dipisahkan sebelumnya. Tambahkan sedikit garam sesuai selera.
- Jika warna bumbu sudah kecoklatan masukkan ayam yang sudah dipanggang ke dalam bumbu. Aduk sampai merata. Untuk yang tidak suka gota langsung saja ayam dicampur dengan bumbu. Dan untuk yang tidak suka terlalu banyak gota, bisa hanya sedikit saja. Aduk sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. Cek rasa sekali lagi.

- Siap disajikan. Ini beberapa kali aku coba dengan tampilan yang sedikit berbeda. Dengan banyak gota dan sedikit gota. Dengan bumbu diblender halus dan kasar. Lakukan sesuai dengan selera saja.

Oke sobat blog, itulah seputar resep manuk napinadar yang bisa kamu coba di rumah bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad