Resep Babi Kecap Batak yang Empuk dan Lezat

Babi merupakan daging yang cukup diminati banyak orang, termasuk di tanah Batak. Di Sumatra Utara, olahan daging babi cukup populer dan kerap disajikan saat perayaan tertentu.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi olahan babi yang cocok untuk perayaan atau pun untuk disantap bersama keluarga di rumah, kamu bisa mencoba babi kecap.

Babi kecap merupakan salah satu masakan paling populer. Masakan ini tahan disimpan lama dan cara membuatnya juga tidak sulit. Ingin membuat olahan babi yang satu ini? Berikut resepnya.

BAHAN

- 1 kg daging babi (daging + lemak)

- Kelapa gongseng

- 4 buah daun jeruk

- 4 buah sereh

- 2 sdm Kecap manis

- 2 sdt Garam

- 1 sdm Gula

- 1 sdt Kaldu jamur

BUMBU HALUS

- 9 siung bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 11 biji cabai rawit merah

- 7 biji cabai merah besar

- 1 ruas kunyit

- 1 ruas jahe

- 1 ruas lengkuas

- Andaliman/tuba (sesuai selera)

CARA MEMASAK

- Rebus daging babi terlebih dahulu kurang lebih selama 20 menit agar daging matang.

- Setelah itu saring daging babi yang telah matang dan pisah dengan air rebusan babi (air rebusan daging babi jangan dibuang). Lalu potong daging babi sesuai selera.

- Haluskan bumbu menggunakan blender khusus andaliman digiling hingga halus.

- Kemudian siapkan wajan yang sudah diisi 3 sdm minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan serai yang sudah digeprek. Tumis sampai wangi dan sedikit mengental.

- Tambahkan air kaldu rebusan babi +-500 ml, kemudian tambahkan garam, gula, kaldu jamur dan kecap. Kemudian tambahkan kelapa gongseng. Aduk dan koreksi rasa.

- Masukkan daging babi, masak sampai bumbu mengental dan kuah menyusut. Pastikan api yang digukan tidak terlalu besar dan sesekali diaduk.

- Masukkan daging babi, masak sampai bumbu mengental dan kuah menyusut. Pastikan api yang digukan tidak terlalu besar dan sesekali diaduk.

- Menu saksang babi tanpa darah pun siap disajikan bersama nasi hangat.

Oke sobat blog, itulah resep babi kecap yang bisa kamu coba untuk disantap bersama keluarga di rumah. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad