Rekomendasi Model Kebaya Pengantin Kekinian 2022

Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar yang ada di Indonesia, setelah suku Jawa dan Sunda. Nama Batak sendiri sesungguhnya merupakan nama kolektif sebagai identitas dati beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatra Utara.

Terdapat 7 suku bangsa yang dinyatakan identitas kolektif sebagai Batak yaitu Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, Angkola, dan Mandailing. Jadi, suku Batak merupakan rumpun suku-suku yang berada sebagian besar wilayah Sumatra Utara.

Meskipun berinduk pada satu ras, etnis-etnis tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, termasuk pula dari gaya pakaian adatnya. Ciri khas yang paling mencolok dapat terlihat dari hiasan kepala atau mahkota pengantin adat Batak yang dikenakan, dimana antara satu etnis dan yang lainnya punya karakternya masing-masing. Sebut saja suku Batak Toba dengan sortali atau ikat kepala khas berwarna merah dengan ornamen emasnya. Kemudian pengantin adat Batak Mandailing, dengan mahkota emas yang disebut bulang, serta masih banyak lagi.

Dalam tradisi pernikahan adat Batak, ciri khas tersebut masih tetap dipertahankan hingga saat ini, meskipun beberapa atribut mungkin telah mengalami modifikasi mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya, model kebaya pengantin Batak modern yang kini lebih bervariasi mengikuti tren dan perkembangan fashion.

Untuk warna kebaya pengantin Batak pun kini lebih beragam. Apabila zaman dahulu warna merah lebih dominan digunakan, saat ini kebaya Batak lebih berwarna-warni, sesuai dengan selera si pengantin. Namun, satu hal yang tetap ada yakni keberadaan kain tenun khas Sumatera Utara yaitu kain ulos ataupun kain songket untuk menyempurnakan penampilan kebaya pengantin Batak modern tersebut.

Model Kebaya Pengantin Kekinian

1. Kebaya Bernuansa Gold

Rekomendasi model kebaya pengantin Batak yang pertama adalah kebaya yang umum dipakai oleh pengantin Batak Toba. Kebaya brokat dengan potongan klasik ini, dihiasi payet di bagian dada dan lengan untuk menambah kesan kebaya pengantin modern. Apalagi ketika disandingkan dengan songket merah-emas, model kebaya Batak yang satu ini tidak akan salah, deh.

Perpaduan warna gold pada kebaya dan merah pada sortali serta songket, berhasil menciptakan kesan elegan pada penampilan sang pengantin. Kamu juga bisa mencoba perpaduan yang satu ini untuk pesta pernikahanmu nanti, loh.

2. Kebaya Putih nan Elegan

Warna putih memang menjadi favorit untuk sebuah pesta pernikahan, tak terkecuali untuk pengantin Adat Batak. Dibalik warnanya yang sejuk, filosofi yang bermakna kesucian dan kemurnian juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih warna putih untuk tema pernikahannya.

Nah, untuk kebaya pengantin Batak warna putih ini sangat serasi sekali jika dipasangkan dengan motif songket atau ulos yang khas. Warna putih memberikan kesan netral, sedangkan warna dan keunikan pola pada kain ulos atau songket memberikan statement pada penampilan keseluruhan.

Model kebaya pengantin Batak modern yang dibuat seperti gaun ini bisa juga jadi inspirasi untuk kamu yang ingin tampil lebih 'wow' di hari pernikahanmu nanti. Dengan tambahan beberapa detail payet pada kebaya model gaun lace atau tulle yang kamu pilih, akan semakin menambah kesan mewah pada kebaya pengantin Batak modern ini.

3. Kebaya Berwarna Silver

Perpaduan kebaya pengantin Modern ini dengan kain Uis Gara berwarna kontras sangat mengesankan, bukan? Uis Gara dalam bahasa Batak sendiri memiliki arti kain berwarna merah dan terbuat dari tenunan benang merah. Terdapat sedikit aksen motif benang dengan warna perak dan emas yang membuat pakaian menjadi lebih menarik.

Sementara itu, mahkota atau hiasan kepala yang dikenakan oleh pengantin adat Batak Karo disebut dengan uis jujung-jujungan, yang melambangkan gotong-royong serta kekeluargaan, mahkota ini terbuat dari ulos.

Silver juga termasuk salah satu warna netral yang cocok dikombinasikan dengan warna-warna cerah lainnya. Untuk kebaya pengantin Batak modern pun demikian, dengan detail payet seluruh badan membuat kebaya pengantin ini menjadi semakin classy. Untuk model kebaya pengantin modern ini, kamu bisa tetap menggunakan style klasik, tetapi cobalah dengan potongan depan asimetris. Dijamin, hasil gaun pengantinnya akan semakin cantik dan elegan.

4. Kebaya Berwarna Soft Pink

Simalungun merupakan salah satu suku besar yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan memiliki beberapa marga. Diantaranya ialah marga Damanik, Sinaga, Purba dan Saragih. Pengantin juga mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari lilitan kain yang ditumpuk tinggi dengan harus ada nuansa warna merah dan emas.

Pakaian adat ini tergolong sopan dan nyaman dikenakan pada hari besar pernikahan. Ciri khas dari pakaian pernikahan adat Batak Simalungun ialah baju yang panjang hingga dengkul. Setelah itu, baik pengantin wanita maupun pria juga mengenakan bawahan yang memiliki panjang hingga mata kaki. Bagian lengan juga didesain panjang sehingga semakin menunjukkan keanggunan dan kesopanan dari pengantin wanita.

Model kebaya pengantin Batak modern berwarna soft sangat cocok digunakan untuk menonjolkan kesan keanggunan wanita Batak. Agar kesannya lebih modern, kebaya pengantin ini bisa dibuat dengan memodifikasi bagian pinggang, penambahan kerutan dan kancing belakang akan menambah keanggunan busana pengantin ini.

Nah sobat blog, itulah beberapa kebaya model kebaya Batak yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa kebaya di atas kamu paling suka nomor berapa nih? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad