Fakta Menarik Rumah Bolon Bagi Suku Batak


Rumah Bolon adalah rumah adat suku Batak dan rumah adat ini memiliki makna khusus bagi suku Batak yaitu:

1. Sejarah Rumah Bolon

Siapa sangka jika rumah panggung ini memiliki sejarah panjang yang penting untuk kita pelajari. Awalnya, rumah bolon adalah istana yang di tempati para raja pertama hingga raja terakhir Sumatera Utara. Adapun Raja pertama yang membangun rumah bolon adalah Tuan Rahalim. Akan tetapi, pada tahun 1947 kekuasaan kerajaan Batak berakhir karena sudah tak di akui lagi. Hingga akhirnya  Raja Mogang sekaligus pewaris rumah bolon. Saat ini, rumah bolon di tempati oleh masyarakat biasa.

2. Jenis Rumah Bolon

Rumah Bolon sering disebut dengan Rumah Gorga. Rumah adat khas Batak ini menjadi simbol keberadaan masyarakat Batak yang hidup di daerah tersebut.Ciri khas Rumah Bolon adalah rumah ini berbentuk persegi panjang, layaknya rumah panggung, ada banyak tiang penyangga setinggi 1,75 meter. Karena tiang tersebut cukup tinggi, maka penghuni rumah atau tamu yang akan masuk harus menaiki anak tangga. Anak tangga itu jumlahnya selalu ganjil. Konon, dulu Rumah Bolon ditinggali oleh 13 raja dari Sumatera Utara, teman-teman. Pada zaman dulu, masyarakat di Sumatera Utara memang tinggal dan hidup di Rumah Bolon, tetapi seiring perkembangan zaman, jumlah Rumah Bolon pun semakin berkurang. Sehingga cukup sulit kita bisa menemukan rumah ini di masa sekarang.

3Makna Ornamen yang Ada di Rumah Bolon

Di rumah ini kita bisa melihat ada banyak hiasan ukiran khas Batak, seperti ornamen yang biasanya dilambangkan sebagai tanda penolak bala seperti bahaya dan penyakit. Ornamen ini sering disebut dengan Gorga. Gorga sering dibubuhkan pada dinding rumah bagian luar, yaitu di atas pintu yang berupa lukisan berwarna merah, hitam, dan putih. Bentuknya ada beberapa jenis, seperti bentuk cicak, ular, atau kerbau. Semua gorga itu punya maknanya masing-masing. Gorga yang dilukis dengan bentuk cicak memiliki arti bahwa orang Batak mampu bertahan hidup di manapun dia berada, meskipun dia sedang merantau di daerah yang sangat jauh. Orang Batak juga diharapkan dapat memelihara rasa persaudaraan yang kuat dan tidak terputus jika bertemu dengan sesama sukunya, meski berada di daerah lain, yang bukan daerah asal mereka. Kemudian, gorga berbentuk ular pada rumah terkait dengan kepercayaan masyarakat. Menurut mereka, rumah yang dimasuki oleh ular menandakan bahwa penghuninya akan mendapatkan berkah yang berlimpah. Nah, kalau makna gorga dengan bentuk kerbau adalah sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras kerbau yang telah membantu manusia dalam mengerjakan ladang pertanian.

4.  Makna Atap Rumah Bolon

Rumah Bolon memiliki keindahan yang khas, yaitu terletak pada atap rumah yang bentuknya lancip di bagian depan dan belakang. Bagian depan atap rumah ini memang sengaja dibuat lebih panjang dari pada bagian belakangnya.Masyarakat Batak percaya bahwa dengan bentuk atap seperti itu dapat turut mendoakan keturunan dari pemilik rumah tersebut nantinya bisa lebih sukses dari saat ini.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar