Mengenal Gordang Sambilan, Alat Musik Tradisional Mandailing yang Melegenda

Jika berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, kamu akan melihat berbagai tinggalan budaya masyarakat Mandailing yang ada disana.

Kabupaten Mandailing Natal sangat kental dengan tinggalan budayanya yang mana wilayah tersebut didiami oleh sebagian besar masyarakat bermarga patrilinear yang beretnis Mandailing. 

Terdapat beberapa rumah-rumah tradisional dan rumah adat yang biasanya mewakili masing-masing marga, seperti marga Lubis, Nasution, Rangkuti, dan lain sebagainya.

Di salah satu rumah adat tersebut biasanya menyimpan beberapa tinggalan budaya yang masih digunakan hingga saat ini. Salah satunya adalah Gordang Sambilan.

Gordang Sambilan merupakan alat musik tradisional masyarakat Mandailing yang hingga saat ini masih digunakan dalam upacara-upacara adat.

Ingin tahu lebih dalam mengenai gordang sambilan? Yuk, ikuti penjelasan di bawah ini!

Gordang Sambilan adalah warisan budaya asli milik masyarakat Mandailing Natal, Sumatera Utara. Gordang Sambilan ini merupakan alat musik tradisional yang tidak ada duanya dalam budaya bangsa Indonesia.

Bagi masyarakat Mandailing Natal khusunya pada zaman dulu, Gordang Sambilan merupakan musik adat yang sakral dan sangat penting karena biasa digunakan untuk keperluan upacara adat.

Upacara adat tersebut biasanya dilakukan agar roh nenek moyang dapat membantu masyarakat Mandailing dalam mengatasi masalah atau kesulitan yang dialami. Bisa juga dilakukan agar hajatan yang dilakukannya dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah apapun, serta semua yang dingginkan dapat terkabul. 

Saat ini Gordang Sambilan digunakan saat ada upacara pernikahan maupun kematian. Biasanya saat upacara pernikahan terdapat rangkaian acara dan yang paling menarik perhatian, yaitu Horja Godang. Ketika Horja Godang itulah Gordang Sambilan ini dibunyikan maka Horja Godang dan Gordang Sambilan ini merupakan dua hal yang tak terpisahkan. 

Selain itu, alat musik ini juga sangat unik dan melegenda karena menghasilkan alunan musik yang merdu dan indah. Berharap generasi-generasi muda tidak meninggalkan budaya luhur nan agung ini. Dengan tetap melestarikan tinggalan budaya berarti kita turut membangun bangsa yang lebih bermartabat. 

Oke sobat blog, itulah seputar penjelasan mengenai gordang sambilan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar