5 Kuliner Khas Mandailing Natal yang Wajib Dicoba

Mandailing Natal adalah sebuah Kabupaten yang secara administratif menjadi bagian Provinsi Sumatera Utara. Letaknya berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.

Didominasi oleh topografi pegunungan dan dihuni oleh penduduk yang masih memegang teguh kearifan lokal, termasuk melestarikan kuliner khasnya.

Berbagai olahan makanan berat maupun kudapan telah tersedia di sana. Dari rasa gurih, manis, pedas, asin, juga mewarnai rasa yang ada dalam makanan tersebut. Dari pada semakin penasaran, yuk ikuti ulasan kami di bawah!

1. Gulai Ikan Sale

Makan yang pertama adalah gulai ikan sale. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah ikan yang digunakan. Ikan yang digunakan pada umumnya berasal dari ikan sungai yang terlebih dahulu diasapin hingga kering.

Tekstur ikan yang lembut dan gurih berenang di dalam kuah gulai yang pedas dan segar. Kombinasi yang serasi dan pas, membuat setiap mata memandang serta hidung yang mencium langsung menelan ludah sebelum menikmatinya.

2. Gule Bulung Gadung

Makanan yang kedua adalah gule bulung gadung. Makanan khas Mandailing ini terbuat dari bahan dasar daun singkong, sebagaimana di dalam daun singkong mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Beberapa manfaat diantaranya adalah untuk melancarkan sirkulasi darah serta meningkatkan nafsu makan. Selain daun singkong, bahan lain untuk membuat makanan ini adalah bumbu dasar, termasuk santan dari kelapa tua dan cabai rawit. Melihat bahan yang disediakan, Gule Bulung Gadung memiliki rasa pedas, gurih dan sedikit asin.

3. Gule Asam Pade

Makanan yang ketiga adalah gule asam pade. Masakan khas Mandailing ini terbuat dari ikan jenis apa saja yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas mandailing tanpa menggunakan santan melainkan menggunakan air biasa. Rasa pedas dan asam merupakan ciri khas gule ini sehingga menghasilkan rasa gurih di lidah.

4. Holat

Makanan keempat adalah holat. Holat merupakan sop ikan yang dibuat dari bahan ikan mas dibakar, kemudian dicampurkan dengan kuah serutan kulit kayu balakat.

Makanan ini disajikan bersama beras tumbuk. Rasanya sepat, gurih, tetapi juga manis, apalagi jika dinikmati ketika masih panas, kesegarannya akan semakin berlipat. Jika berkunjung ke Mandailing Natal, hampir di seluruh tempat makan di sana menyediakan makanan ini.

5. Rondang Bolut

Makanan yang keterakhir adalah rondang Bolut. Makanan ini menggunakan bahan dasar belut asap yang diracik dengan bumbu kelapa parut, santan, bawang, cabe, rempah-rempah, dan garam.

Bahan dasar dari masakan ini adalah belut basah. Namun sebagian masyarakat ada yang lebih menyukai belut kering, terutama bagi orang luar daerah yang belum familiar dengan kuliner ini. Dalam satu porsi rondang bolut disajikan bersama kacang merah atau kentang dipotong kecil-kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar