Mengenal Sejarah Batak Lengkap dengan Kerajaannya

 

Nama Batak kerap dihubungkan dengan nama Toba, mengingat suku Batak memang mendiami wilayah di sekitaran Danau Toba. Namun, faktanya suku Batak memiliki banyak cabang seperti Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pak-pak Dairi, dan lainnya. Tak heran dengan banyaknya etnis suku Batak tersebut membuat suku Batak menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan suku Batak, di bawah ini kami merangkum seputar penjelasan tentang suku Batak atau kamu juga dapat mencarinya melalui mesin pencari yandex.

Sejarah

Kerajaan Batak

Dalam pemerintahan dinasti Sisingamangaraja, Kerajaan Batak terbagi menjadi 4, antara lain:

1.Raja Maropat Silindung

2.Raja Maropat Samosir

3.Raja Maropat Humbang

4.Raja Maropat Toba

Penjajahan Belanda

Pada masa penjajahan Belanda, Pemerintah Belanda membentuk Keresidenan Tapanuli pada tahun 1910. Keresidenan tersebut terbagi menjadi 4 (empat) wilayah yang disebut afdeling dan saat ini dikenal dengan kabupaten atau kota, yaitu:

1. Afdeling Padang Sidempuan, yang sekarang menjadi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, dan Kota Padang Sidempuan.

2. Afdeling Nias, yang sekarang menjadi Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan.

3. Afdeling Sibolga dan Ommnenlanden, yang sekarang menjadi Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

4. Afdeling Bataklanden, yang sekarang menjadi Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Penjajahan Jepang

Pada masa penjajahan Jepang, bentuk pemerintahan di Keresidenan Tapanuli hampir tidak mengalami perubahan.

Awal Kemerdekaan RI

Setelah kemerdekaan, pemerintah Republik Indonesia (RI) pun tetap menjadikan Tapanuli sebagai sebuah keresidenan. Ferdinand Lumban Tobing merupakan Residen Tapanuli yang pertama.

Nama disana mengalami sedekit perubahan, namun pembagian wilayah tetap sama. Contohnya, nama Afdeling Bataklanden diubah menjadi Luhak Tanah Batak dan luhak pertama yang diangkat adalah Cornelius Sihombing yang pernah menjabat sebagai Demang Silindung.

Seiring perjalanan sejarah, pemerintahan di Keresidenan Tapanuli dibagi dalam 4 (empat) kabupaten, yaitu:

1. Kabupaten Silindung

2. Kabupaten Samosir

3. Kabupaten Humbang

4. Kabupaten Toba

Kultural Batak Toba

Batak Toba adalah suatu kesatuan kultural. Masyarat Batak Toba tidak diharuskan tinggal di wilayah geografis Toba, meski asal-muasal adalah Toba.

Sebagaimana suku-suku lain, suku Batak Toba pun bermigrasi ke daerah-daerah yang lebih menjanjikan penghidupan yang lebih baik. Sebagai contoh, penduduk asli Silindung adalah marga-marga Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung, Hutapea dan Lumbantobing.

Padahal keenam marga tersebut adalah keturunan Guru Mangaloksa yang salah seorang anak Raja Hasibuan di wilayah Toba.

Demikian pula marga Nasution yang kebanyakan tinggal wilayah Padang Sidimpuan adalah saudara marga Siahaan di Balige, tentu kedua marga ini adalah turunan leluhur yang sama.

Penyerahan Kedaulatan Awal 1950

Keresidenan Tapanuli yang disatukan dalam Provinsi Sumatera Utara terbagi dalam 4 (empat) kabupaten baru, yaitu:

1. Kabupaten Tapanuli Utara (sebelumnya Kabupaten Tanah Batak)

2. Kabupaten Tapanuli Tengah (sebelumnya Kabupaten Sibolga)

3. Kabupaten Tapanuli Selatan (sebelumnya Kabupaten Padang Sidempuan)

4. Kabupaten Nias

Marga Pada Suku Batak Toba

Marga adalah bagian nama yang merupakan pertanda dari keluarga mana ia berasal. Orang Batak selalu memiliki nama marga atau nama keluarga yang disebutkan diakhir nama. Nama marga ini diperoleh dari garis keturunan ayah sebagai keturunan patrilinear yang selanjutnya akan diteruskan kepada keturunannya secara terus menerus. Marga orang Batak Toba sendiri tergolong banyak, dan setiap marga memiliki sejarah garis keturunan masing-masing.

Itulah seputar penjelasan tentang suku Batak. Terimakasih telah membaca blog kami sampai selesai. Sampai jumpa.


Posting Komentar

0 Komentar