5 Makanan Tradisional Khas Batak Toba dengan Cita Rasa yang Unik

 

Tentunya Kita sudah tahu bahwa Indonesia terkenal kaya akan sumber daya alamnya, maka tak sedikit penduduk Indonesia punya ide kreatif dalam mengolah hasil sumber daya alam menjadi kuliner yang lezat. Salah satunya makanan khas Batak Toba.

Makanan khas Batak Toba adalah kuliner tradisional yang memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu dan rempah pilihan serta diracik langsung oleh masyarakat dari Suku Batak Toba.

Batak Toba merupakan salah satu suku yang berada di Medan, sumatera Utara. Jika kamu mengetahui Danau Toba, pasti kamu juga tahu Batak Toba.

Batak Toba sangat terkenal dengan destinasi Danau Toba yang memiliki bentuk unik. Dimana ditengah Danau Toba ini terdapat sebuah pulau yang dinamakan pulau Samosir. Tak hanya itu, kini destinasi alam di pesisir danau toba sudah semakin bertambah. Jadi para pengunjung tak pernah bosan menikmati indahnya alam disana.

Danau toba ini sangat banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan asing maupun local. Bukan tanpa alasan mereka datang berbondong-bondong untuk mengunjungi Danau Toba. Alasan utama para wisatawan datang tentunya karena keindahan destinasi alam sekitaran danau Toba serta mencoba kelezatan makanan khas hasil olahan masyarakat Batak Toba.

Nah, untuk buat kamu yang ingin memastikan kelezatan dan cita rasa yang enak pada makanan khas Batak Toba, yuk simak fakta menarik dari beberapa makanan khas Batak Toba berikut ini!

1. Ikan Mas Arsik

Ikan mas arsik adalah salah satu kuliner tradisional khas Toba yang kaya akan bumbu dan rempah. Na Niarsik berarti di-marsik-kan atau dikeringkan. Ikan Arsik artinya ikan yang dimasak terus-menerus sampai kuahnya kering, hingga bumbunya menyerap ke ikan mas tersebut. Jika proses memasak benar, Na Niarsik dapat bertahan hingga dua hari tanpa basi.

Na Niarsik adalah makanan yang menjadi bagian dari adat Batak yang memiliki cerita dari mulai kelahiran, perkawinan, hingga meninggal. Bumbu Na Niarsik sangat kaya dan beragam.

Ada 16 macam bumbu yang dipakai untuk memasak Na Niarsik, seperti andaliman, bunga kecombrang, bawang Batak, dll. Selain ikan mas, ikan laut seperti kembung dan kakap, dan daging juga dapat dijadikan bahan arsik.

2. Naniura

Naniura adalah makanan khas suku Batak yang kebanyakan berada di daerah Toba. Sekilas kuliner ini konsepnya mirip dengan sushi dari Jelang dan Ceviche dari Peru.

Bedanya kalau ceviche disajikan dengan irisan bawang merah besar di atasnya sedangkan naniura disiram dengan bumbu halus berwarna kuning. Jika dahulu kala naniura hanya dihidangkan untuk raja-raja Batak, sekarang makanan khas Batak ini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

3. Napinadar

Napinadar adalah salah satu makanan khas Batak Toba yang rasanya begitu pedas. Napinadar ini terbuat dari daging yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bumbu Na Niarsik ditambah dengan asam jeruk. Biasanya napinadar dibuat sangat pedas. Namun, hal itu tergantung selera penikmat. Untuk jenis daging yang digunakan yaitu daging ayam dan bisa juga dengan ikan.

Napinadar ini merupakan menu special dari toba, maka dari itu tak heran jika harganya cukup mahal karena ayam dan bumbu pilihannya yang menggugah selera.

4. Natinombur

Natinombur adalah salah satu makanan khas yang berbahan dasar ikan air tawar. Ikan tersebut akan diolah bersamaan dengan ragam rempah dan juga santan sebelum kemudian dibakar hingga matang.

Dahulu kala, kuliner khas Batak ini merupakan hidangan bagi para nelayan di Danau Toba dan kerap disantap ketika para nelayan beristirahat di pantai pinggiran danau. Namun, sekarang makanan khas Batak ini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

5. Saksang

Saksang adalah salah satu makanan khas batak yang dimasak bersamaan dengan darahnya. Makanan khas ini memiliki bahan dasar daging babi. Namun, ada juga yang mengganti bahan dasar Babi ini menjadi daging Anjing.

Proses memasak kuliner ini memiliki nilai filosofi dan kepercayaan dimana daging dan darah tak boleh dipisahkan karena merupakan satu kesatuan dan jika dipisah akan membuat rasa dari daging menjadi tidak enak.

Itulah beberapa makanan khas Batak Toba yang memiliki cita rasa khas dengan bumbu dan rempah pilihan serta diracik langsung oleh masyarakat dari Suku Batak Toba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar