5 Makanan Khas Batak Karo yang Wajib Kamu Coba

Bila berkunjung ke Sumatera Utara, maka tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kulinernya. Ucok durian, soto, dan kuliner malam mungkin sudah menjadi hal yang biasa kita dengar saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Namun, apakah kamu pernah mencicipi makanan khas Batak Karo. Karo Merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang terkenal memiliki makanan khas yang unik.

Nah, buat yang ingin tahu makanan khas Karo, di bawah ini kami telah merangkum beberapa makanan khas Karo yang wajib kamu coba!

1. Babi Panggang Karo

Babi panggang karo merupakan ikon khas Sumatra Utara. Makanan ini biasanya dijual di beberapa restoran khas Karo. Babi panggang karo disajikan dengan sup daging babi, olahan darah babi, daun ubi tumbuk yang dicampur dengan parutan kelapa, kidu-kidu, serta nasi.  Belum lengkap rasanya mengunjungi tanah Karo kalau belum menyicipi masakan khas satu ini.

2. Pagit-pagit

Pagit-pagit merupakan salah satu makanan khas Karo yang terbuat dari rumput yang ada di lambung sapi. Rumput tersebut diperas hingga beberapa kali. Selanjutnya, air perasan dimasak untuk dibuat kaldu.

Agar tidak berbau amis, rumput dimasak dengan kulit pohon cingkam, susu segar, asam, serai, daun jeruk, dan asam. Bagian perut sapi, seperti babat dan sumsum tulang, juga diolah dan disajikan sebagai pelengkap pagit-pagit.

3. Terites

Terites merupakan makanan khas karo yang sangat unik. Makanan ini tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Terites merupakan makanan yang terbuat dari rumput-rumputan yang ada di dalam usus sapi.

Selain dari dalam usus sapi, rumput yang digunakan untuk membuat terites juga berasal dari usus kambing atau kerbau.

Rumput tersebut lalu diolah dengan bumbu-bumbu dan jeroan sapi. Meski terdengar menggelikan, makanan ini bermanfaat untuk mengatasi sakit perut, loh.

4. Tasak Telu

Disebut tasak telu karena terbuat dari tiga masakan dalam satu hidangan. Masakan pertama terdiri dari ayam dan jeroannya yang direbus dengan berbagai bumbu. Kemudian dipotong-potong, lalu disajikan.

Masakan kedua adalah air rebusan ayam yang tadi dimasak kembali dengan tulang-tulang ayam. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu dan dimasak hingga matang dan kental.

Masakan ketiga iyalah sayur cincang. Sayur yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera. Sayuran tersebut dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui, sehingga hasilnya mirip seperti urap.

5. Kidu-kidu

Kidu-kidu merupakan salah satu makanan ekstrim khas Karo. Kidu-kidu terbuat dari ulat sagu. Ulat sagu yang digunakan yaitu yang berasal dari bagian dalam pohon aren yang sudah mati. Sebenarnya ulat sagu merupakan larva dari kumbang berkepala merah.

Walaupun terdengar geli, namun makanan ini terasa lezat dan kaya manfaat. Ulat sagu dipercaya dapat menambah stamina. Karena ulat sagu mengandung asam amino dan kandungan karbohidrat yang tinggi.

Itulah beberapa makanan khas Batak Karo yang wajib kamu coba bila berkunjung ke Sumatera Utara (Sumut).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar