Daftar Makanan Khas Pakpak Bharat yang Wajib Dicoba

Salah satu hal yang banyak dicari bila bepergian ke suatu daerah adalah makanan khas daerah tersebut. Apalagi bila berkunjung ke Pakpak Bharat.

Pakpak Bharat merupakan sebuah kabupaten yang berada di Sumatra Utara. Ibu kotanya terletak di Kecamatan Salak.

Tidak hanya terkenal dengan alam dan wisata air terjunnya yang indah, daerah ini juga dikenal dengan berbagai kulinernya yang lezat.

Nah, buat kamu yang berencana akan mengunjungi daerah ini, kamu wajib mencoba makanan khas Pakpak Bharat berikut ini!

1. Pelleng Sicinna Mbara

Makanan khas yang pertama adalah Pelleng Sicinna Mbara. Makanan khas daerah Sumatera Utara ini dikenal sebagai sejenis nasi atau bubur berwarna kuning, namun bukanlah nasi tumpeng. Karena, nasi peleng ini berbentuk bulat bukanlah kerucut.

Selain itu, nasi ini juga telah dibumbui dan kaya akan rempah sebagai bumbunya. Didaerah Pakpak ada banyak sekali jenis pelleng, diantaranya pelleng kelasen, boang, simsim dan pegagan dengan rasa gurih dan pedas yang berbeda-beda.

Makanan ini sangat khas di daerah Pakpak. Umumnya hidangan ini ditambah dengan lauk berupa daging ayam kampung. Nasi Pelleng akan terasa lebih nikmat lagi kalau di atasnya disiram kuah opor ayam.

2. Pinahpah

Makanan khas selanjutnya adalah Pinahpah. Pinahpah merupakan makanan tradisional khas Suku Pakpak Barat yang berupa camilan renyah dan manis. Karena itu, jajanan unik ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pakpak.

Bahan dasar makanan ini adalah padi pulut atau padi muda yang masih hijau atau sedikit agak menguning. Padi tidak perlu dikeringkan, tapi bisa langsung digongseng dalam belanga tanpa minyak.

3. Ginaru

Makanan khas ketiga adalah Ginaru. Ginaru merupakan makanan yang dibuat dari sisa beras.

Meski terbuat dari sisa beras, makanan tradisional Pakpak Bharat yang satu ini tidak bisa dianggap sepele, sebab terdapat sejarah panjang hingga makanan ini menjadi salah satu makanan yang tetap eksis hingga saat ini tengah-tengah masyarakat Pakpak Bharat.

4. Jukut

Makanan khas berikutnya adalah jukut. Dalam bahasa Pakpak ‘Jukut’ artinya ‘Daging’. Makanan yang satu ini biasanya terbuat dari daging kerbau, lembu, ayam maupun kambing.

Jakut biasanya dijadikan sebagai hidangan pesta perkawinan maupun hari-hari besar seperti Natal, Idul Fitri dan Tahun Baru.

Pada perayaan tersebut masyarakat Pakpak biasanya akan mengadakan tradisi ‘merbinda’. Sebuah tradisi membeli hewan ternak, dipotong dan dibagikan kepada seluruh warga yang ikut serta membayar.

5. Nakan Ngersing

Makanan khas terakhir adalah Nakan Ngersing. Nakan Ngersing ialah makanan yang dibuat dari beras menjadi nasi. Namun, nasinya disini dibuat dengan bumbu kunyit. Makanan khas Pakpak Barat ini biasanya dibuat pada saat diadakannya upacara adat untuk penolak bala.

Terutama upacara adat yang berhubungan juga dengan pertanian, dimana pertanian adalah yang paling penting bagi masyarakat daerah ini.

Nah sahabat itulah beberapa makanan khas Pakpak Bharat yang wajib kamu coba jika berkunjung ke daerah ini.

Posting Komentar

0 Komentar