5 Fakta Menarik di Balik Keindahan Danau Toba

Buat kamu para pelancong mungkin sudah tak asing ya dengan Danau Toba. Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Sumatera Utara (Sumut). Danau ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata.

Keindahan Danau Toba dan pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang dimiliki wisata danau terbesar di Indonesia ini. Danau yang terbentuk sejak puluhan ribu tahun ini memiliki sejuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa danau ini menyimpan sejumlah fakta menarik di balik keindahannya. Apa saja sih fakta menariknya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Ikan mas raksasa

Fakta menarik yang pertama adalah tentang ikan mas raksasa. Masyarakat setempat percaya bahwa Danau Toba terbentuk dari sebuah urban legend mengenai sosok pria bernama Toba, wanita cantik yang dikutuk menjadi ikan mas, serta anak mereka dengan Capybara kesayanganya yang bernama Samosir.

Wanita cantik yang menjadi istri pria bernama Toba kembali menjadi ikan mas usai sang suami melanggar sumpah dan janji mereka, dan menyebabkan letusan gunung serta hujan badai hingga akhirnya membentuk perairan Danau Toba seperti saat ini.

Meskipun mitos, namun keberadaan Ikan Mas ini disebut benar-benar ada, loh. Bahkan konon ikan mas raksasa berwarna perunggu itu disebut-sebut menjadi penyebab kejadian tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di tahun 2018 yang sempat menghebohkan itu, karena kapal yang disundul oleh sang ikan hingga terbalik.

2. Suara tangisan di tengah malam di sekitar danau

Fakta selanjutnya adalah suara tangisan di tengah malam di sekitar danau. Sebagai wilayah danau terbesar dan terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara, beberapa kali Danau Toba memakan korban yakni pengunjung atau wisatawan yang tenggelam di perairannya.

Konon para arwah korban ini kerap mengeluarkan suara tangisan yang cukup nyaring terdengar saat malam hari di sekitar sudut danau. Dan hal itu disebut sebagai sesuatu yang biasa bagi warga setempat karena sering terjadi.

3. Terbentuk akibat letusan gunung toba

Fakta ketiga akibat letusan gunung toba. Sebelum terbentuk menjadi danau, awalnya Danau Toba merupakan gunung berapi. Diperkirakan Gunung Toba meletus pada 69.000-79.000 tahun lalu. Akibat dahsyatnya letusan Gunung Toba, kini gunung tersebut disebut tersembunyi di bawah Danau Toba yang biasa dikenal sebagai Kaldera Toba.

Gunung Toba meletus dahsyat sebanyak tiga kali. Letusan pertama membuat Gunung Toba menghasilkan danau di sisi selatan, kemudian disusul dengan letusan dahsyat kedua yang menghasilkan danau sisi utara.

Barulah terjadi letusan dahsyat ketiga, yang meluluhlantakkan seluruh Gunung Toba berubah menjadi danau.

4. Salam khusus ‘Santabi Oppung’

Fakta menarik berikutnya adalah salam khusus ‘Santabi Oppung’. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap tempat terlebih alam terbuka dipercaya memiliki ‘penghuni’ nya. Hal ini juga berlaku di Danau Toba, yang mana masyarakat setempat sampai punya salam khusus yakni ‘Santabi Opung’.

Salam ini merupakan bentuk tata krama yang bertujuan untuk memastikan bahwa kita meminta ‘izin’ mampir ke wilayah yang mereka diami, supaya para makhluk tak kasat mata ini merasa tidak terganggu dan lantas tidak mengganggu manusia

5. Mitos Begu Ganjang

Fakta menarik terakhir adalah mitos begu ganjang. Makhluk gaib ini masih dipercaya keberadaannya oleh warga hingga saat ini. Begu Ganjang dikenal sebagai sosok pencabut nyawa berambut panjang.

Nggak semua orang bisa melihat Begu Ganjang. Tapi jika ada yang berhasil melihat sosok tinggi besar dengan rambut panjang di kepalanya, hati-hati jangan sampai terlena. Bisa-bisa ia terkena penyakit bahkan sampai meninggal dunia.

Nah sahabat blog, itulah beberapa fakta menarik di balik keindahan Danau Toba yang perlu kamu ketahui.

Posting Komentar

0 Komentar