Mengenal Itak Gugur Lengkap dengan Cara Pembuatannya

Suku Batak di Sumatra Utara terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Kuliner Batak terkenal dengan olahan daging dan ikannya, terutama untuk masyarakat Batak di pesisir Danau Toba.

Bumbu rempah khas masakan Batak, seperti andaliman, bawang Batak, dan asam jungga, membuat masakan khas Batak jadi istimewa. Bumbu ini tak ditemukan di masakan daerah lain.

Tak hanya olahan bumbu rempah yang penuh, Suku Batak juga punya banyak penganan tradisional. Ada itak gurgur yang tekenal dibuat dengan sangat sederhana, tapi kaya akan filosofi. Itak gurgur biasanya disebut sebagi makanan tradisional yang disajikan ketika memanjatkan doa saat momen-momen tertentu.

Kuliner yang juga kerap disebut dengan pohul-pohul ini ternyata punya makna tersendiri dalam penyajiannya. Itak Gurgur disajikan ketika memanjatkan doa saat momen-momen tertentu seperti dalam menanam padi. Kata Gurgur di sini dapat diartikan sebagai ‘membara’.

Pemberi Itak Gurgur selalu berharap si pemakan jadi memiliki semangat yang membara-bara. Agar benar-benar membara, Itak Gurgur dapat dikukus setelah dicetak. Makanan yang satu ini dibuat dengan sangat sederhana tanpa dimasak.

Lantas, bagaimana sih cara membuat itak gugur? Ingin tahu? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Cara Membuat Itak Gurgur

BAHAN

- 3 lembar daun pandan

- 500 g kelapa setengah tua, kupas kulit, parut memanjang

- 100 g gula merah, sisir kasar

- 1 sdt garam

- 300 g beras

CARA MEMBUAT

- Tepung beras: Rendam beras semalaman, tiriskan. Jemur hingga beras kering. Masukkan ke dalam grinder atau food processor, proses hingga halus. Ayak, sisihkan. 

- Alasi dandang dengan daun pandan, tata kelapa parut di atasnya. Kukus hingga matang (± 5 menit), angkat. Sisihkan.

- Aduk rata tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan garam.

- Ambil 3 sdm adonan, kepalkan dengan tangan sehingga adonan memadat dan membentuk cetakan genggaman tangan. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis.

Kukus di dalam dandang panas hingga matang (± 30 menit), angkat. Sajikan segera.

Nah sobat blog, itulah seputar penjelasan mengenai kuliner itak gugur lengkap dengan cara pembuatannya. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad