Deretan Pengacara Sukses yang Berasal dari Tanah Batak

Orang Batak dikenal memiliki suara yang bagus dan merdu. Tak hanya itu, orang Batak juga dikenal pintar ngomong dan berdebat. Tak heran jika banyak orang Batak yang menjadi pengacara sukses. Mereka disegani akibat berani membela klien di meja hijau.

Lantas, siapa saja sih pengacara sukses yang berdarah Batak? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Hotman Paris Hutapea

Hotman paris Hutapea yang dikenal dengan Hotman Paris lahir di desa Laguboti, Sumatera Utara pada 20 Oktober 1959. Ia merupakan pengacara Indonesia yang sangat terkenal dengan julukan “Raja Pailit” dan pengacara Rp 30 Miliar.

Hotman menempuh Pendidikan di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung jurusan hukum, setelah lulus. Ia pun melanjutkan pendidikan S-2 di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Magister hukum dan S-2 University of Technology, Sydney, Australia magister of law.

Pendidikan sangat penting bagi Hotman Paris sehingga Ia melanjutkan pendidikan S-3 di Universitas padjadjaran fakultas hukum.

Anak daerah dari tanah Batak ini berhasil menaklukkan Ibu Kota, dengan mengawali karir nya bekerja dengan pengacara O.C Kaligis, yang selanjutnya bergabung dengan firma pengacara senior Adnan Buyung Nasution, dan pernah bekerja di Bank Indonesia.

2. Otto Hasibuan

Otto Hasibuan merupakan pengacara sukses yang lahir di Pematang Siantar pada 5 Mei 1959. Ya, ia adalah pengacara yang berasal dari tanah Batak.

Otto Hasibuan lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta jurusan hukum dan melanjutkan pendidikannya studi University Technology of Sydney, Australia, Comparative Law.

Bagi Otto, Pendidikan adalah sangat penting Ia melanjutkan pendidikan S-3 di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia berhasil mendirikan Firma hukum Otto Hasibuan dan asosiasi dan mengajar di berbagai perguruan tinggi.

Awal karirnya menjadi pengacara sebagai anggota Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) yang kemudian diangkat menjadi komisaris hingga akhirnya menjadi Sekretaris Peradin, selanjutnya Otto menjadi Ketua cabang Jakarta Barat tahun 1990, dan puncaknya Otto terpilih menjadi Ketua Umum DPP selama dua periode, yakni (2003 hingga 2007) dan (2007 hingga 2012).

Berkat jasanya dalam menegakkan hukum, Otto Hasibuan mendapat gelar profesor kehormatan dari Universitas Jayabaya atas jasanya menegakkan hukum dan keadilan selama 32 tahun menjadi advokat pada Oktober 2014.

3. Hotma Sitompul

Pengacara selanjutnya adalah Hotma Sitompul. Ia lahir di Jakarta pada 30 November 1965. Hotma merupakan pengacara paling kontroversial di Indonesia yang memiliki bayaran tinggi hingga ratusan juta rupiah per kasusnya.

Hotma alumni dari Universitas Gajah Mada jurusan Magister Hukum Bisnis, Ia pernah bekerja menjadi staff di LBH Jakarta di bawah pimpinan DR. (lur) Adnan Buyung Nasution, S.H.

Hotma pernah menjadi pengacara sejumlah klien ternama, diantaranya Baim Wong, Raffi Ahmad, pemilik QQ Production, kuasa hukum Richard Muljadi, cucu konglomerat.

Dengan kesuksesannya Ia memiliki beberapa aset investasi properti yang tersebar di beberapa mall besar di Jakarta.

4. Ruhut Sitompul

Ruhut Poltak Hotparulian Sitompul biasa dikenal dengan Ruhut Sitompul merupakan pengacara, politisi dan aktor yang berasal dari tanah Batak. Ia lahir di Medan, 24 Maret 1954.

Ruhut menempuh Pendidikan di SMP Immanuel, lanjut SMA WU Yosua dan melanjutkan pendidikan ke Universitas Padjadjaran, Bandung jurusan hukum tahun 1979.

Ia menebarkan sayapnya di dunia perfilman mulai dari tahun 2005 hingga 2021, diantaranya Detik Terakhir, Rumah Pondok indah, Jatuh Cinta Lagi, Get Married 2, Sajadah Ka’bah, dan KNK: Santa Claus dari Jakarta.

Selain itu, ia juga sukses membawakan perannya di sinetron hingga dikenal sebagai “Raja Minyak dari Tarutung” dalam sinetron Gerhana tahun 1998 hingga 2003, selanjutnya Ia memerankan sinetron “James Bono” di tahun 1999.

Sejak itulah Ruhut semakin sering muncul di layar kaca yang kemudian melanjutkan karir sebagai pengacara.

Nah sobat blog, itulah beberapa pengacara sukses yang berasal dari darah Batak. Dari beberap pengacara di atas kamu fans sama yang mana nih? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad