Deretan Sambal Khas Batak yang Wajib Dicoba

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, Sumatera Utara (Sumut) juga dikenal dengan kulinernya yang beragam.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah menu-menu khas sukunya seperti Suku Batak. Suku Batak dikenal memiliki berbagai kuliner yang beragam dan menggungah selera.

Tak hanya itu, Suku Batak juga dikenal dengan kuliner sambalnya yang menggunakan rempah khas. Sambal khas Batak akan menambah kelezatan makanan. Dicocol dengan lauk pauk membuat makanmu lebih lengkap.

Lantas, apa saja sih sambal khas Batak yang menggungah selera tersebut? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan berikut!

1. Sambal Tombur

Sambal yang pertama adalah sambal tombur. Sambal ini disajikan mentah, tanpa digoreng atau melalui proses masak lainnya. Rasa pedas yang menghentak berasal dari andaliman. Sambal Tombur ini biasanya disandingkan dengan olahan ikan dari Danau Toba, seperti Ikan Mas Bakar.

Adapun bahan-bahan dari sambal tombur ini, yakni andaliman, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, merica, ketumbar, jeruk nipis, kecombrang, dan garam di ulek menggunakan cobek hingga halus dan disajikan.

2. Sambal Andaliman

Sambal yang kedua adalah sambal andaliman atau yang sering disebut dengan Merica Batak. Sambal andaliman ini bisa disantap dengan lauk ikan mas goreng/bakar, ikan aso-aso, maupun ikan asin yang digoreng garing.

Adapun bahan-bahan dari sambal andaliman ini, yakni andaliman, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam.

Cara membuatnya, goreng cabai rawit, bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Kemudian ulek semua bahan yang sudah digoreng bersama andaliman hingga halus.

3. Sambal Tuktuk

Sambal yang ketiga adalah sambal tuktuk. Disebut sambal ‘tuktuk’ karena cara membuatnya dituktuk (ulek) menggunakan batu. Bahan-bahan sambal ini umumnya sama dengan sambal biasa.

Di daerah asalnya, Sambal Tuktuk dicampur dengan Ikan Aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan). Tetapi jika tidak menemukan ikan tersebut bisa digantikan dengan ikan teri tawar.

4. Sambal Rias Khas Tapanuli

Sambal yang keempat adalah Sambal Rias Khas Tapanuli. Rasa unik dari sambal rias ini sangat menggugah selera, rasa unik sambal ini terbuat dari tanaman rias yang banyak disukai oleh masyarakat Batak.

Adapun bahan-bahan dari sambal rias Khas Tapanuli ini, yakni batang rias, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, andaliman, kemiri, dan garam.

Nah sobat blog, itulah beberapa sambal Khas Batak yang perlu kamu coba. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad