5 Oleh-oleh Khas Mandailing Natal yang Paling Enak

Bila berkunjung ke suatu tempat atau melintasi sebuah daerah pasti kita akan terpikir oleh beberapa hal, salah satu yang tidak bisa dilupakan adalah oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Sama halnya bila berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal atau biasa disebut juga dengan Madina.

Jika kamu sedang berkunjung di Mandailing Natal atau sedang mencari-cari oleh-oleh khas Mandailing Natal, kamu berada pada alamat yang tepat. Yaps disini kita akan membahas beberapa oleh-oleh khas Mandailing Natal.

Oleh-oleh menjadi salah satu hal yang tidak akan bisa dilepaskan dari orang yang sedang bepergian, begitu juga jika kamu sedang berada di Mandailing Natal.

Lantas apa saja sih oleh-oleh khas Mandailing Natal itu? apakah sama seperti daerah lain atau mungkin ada sesuatu yang unik yang bisa dibawa kerumah. Yuk langsung saja ikuti ulasan berikut ini.

Oleh-oleh Khas Mandailing Natal

1. Kipang Panyabungan

Panyabungan menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi dari Kabupaten Mandailing Natal, selain menjadi pusat bisnis, Panyabungan memiliki julukan khas tersendiri yaitu Kota Kipang. Julukan ini sendiri tidak lain karena Panyabungan menjadi daerah penghasil Kipang di Mandailing Natal dan umumnya di Sumatera Utara.

Kipang Panyabungan adalah oleh-oleh khas Mandailing Natal yang terbuat dari Nasi yang digoreng secara khusus dan ditambah dengan gula putih. Selain itu juga ada kipang pulut dan kipang kacang yang proses pembuatannya hampir sama.

2. Alame/Dodol Khas Mandailing

Alame dalam Bahasa Mandailing atau lebih dikenal sebagai Dodol Mandailing merupakan salah satu oleh-oleh khas Mandailing Natal yang sangat terkenal dan banyak disukai oleh para pengunjung yang datang ke Mandailing Natal.

Oleh-oleh yang satu ini dibuat menggunakan tepung kanji dengan proses memasaknya hampir memakan waktu seharian dan dikerjakan oleh banyak orang.

Alame ini sering dimasak oleh masyarakat umum menjelang bulan puasa Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha sebagai hidangan atau buah tangan pada keluarga yang pulang kampung.

Alame ini menjadi salah satu makanan yang dijamin ketahanannya selama berhari-hari proses pembuatannya yang memang benar-benar diperhatikan.

3. Kue Bika Panggang/Bakar

Oleh-oleh selanjutnya adalah Kue Bika Panggang/Bakar. Kue Bika Panggang/Bakar merupakan salah satu makanan khas dari Desa Tano Bato, Kecamatan Panyabungan Selatan. Akan tetapi makanan ini banyak ditemukan di tempat penjualan kue-kue yang biasa di pasar-pasar di Mandailing Natal.

Makanan yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Mandailing Natal yang tidak bisa dipungkiri kelezatannya, banyak orang-orang sekitaran Sumut yang datang ke Panyabungan untuk mencoba kue ini. Harganya sendiri tidak mahal yaitu berkisar Rp5.000-10.000 per satu kue nya.

4. Lemang/Lomang

Lemang/Lomang menjadi oleh-oleh yang banyak dibawa ketika bersilaturahmi ke keluarga yang berada diluar kota disaat Hari Raya Idul Fitri.

Memasak Lemang/ Mangalomang (bahasa Mandailing) menjadi salah satu tradisi yang masyarakat Mandailing dalam menyambut Idul Fitri. kebiasaan masyarakat akan memasak bersama-sama dalam satu tungku sehingga harmonisasi bertetangga sangat terasa.

Untuk kamu yang ingin menggunakannya sebagai oleh-oleh dapat dibeli di pasar setiap hari pekan, untuk hari biasa memang agak sulit ditemukan kecuali memang sudah dipesan terlebih dahulu. Lemang ini sendiri terbuat dari beras pulu yang dimasak menggunakan bambu yang didalamnya dibungkus dengan daun pisang muda. Dimasak denggan memanggang pada tungku yang besar, karena sekali memasak bisa sampai 30-50 batang bambu.

5. Kopi Mandailing

Sebagai salah satu daerah yang memiliki tanah yang subuh untuk tanaman, Mandailing Natal menjadi salah satu daerah produksi terbaik untuk kopi.

Kopi yang dihasilkan dari Mandailing Natal sudah sangat terkenal di kancah internasional dan diakui sebagai kopi dengan harga termahal di dunia. Kopi ini mempunyai citarasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis.

Kopi ini ditanam dan dipanen dengan cara tradisional sehingga citarasa dan ke khasannya tidak pernah hilang. Kopi Mandailing bisa kamu dapatkan pada coffee shop yang ada disekitar panyabungan, salah satu toko resminya adalah LOPO Mandheling Coffee. Outletnya sendiri berada di Pasar Lama Panyabungan, Aek Galoga, Masjid Agung Nur Ala Nur, dan Aek 8 Pidoli.

Nah sobat blog, itulah beberapa oleh-oleh khas Mandailing Natal yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke daerah itu. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad