5 Makanan Batak yang Paling Populer dan Wajib Dicoba

Setiap suku pasti memiliki ciri khas tersendiri dari segi hidangan makanan maupun cita rasanya, tak terkecuali dari suku Batak.

Suku batak merupakan suku bangsa serumpun mulai dari Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Angkola, hingga Batak Pakpak.

Saat berkunjung ke Tanah Batak, Toba, Sumatera Utara, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Ada beraneka ragam makanan khas Batak yang harus dicoba.

Lantas, apa saja sih pilihan kuliner tradisional khas Batak yang menawarkan cita rasa berbeda yang khas serta unik? Penasaran? Berikut penjelasannya!

1. Naniura

Salah satu makanan khas Batak yang populer adalah Naniura. Makanan yang banyak ditemukan di daerah Toba ini menggunakan bahan dasar ikan mas mentah dan tidak dimasak dengan api, melainkan direndam dengan air asam Jungga atau jeruk perut. Meski begitu, Naniura tetap aman dikonsumsi dan memiliki cita rasa lezat.

Sekilas, makanan khas Batak satu ini mirip dengan makanan khas Peru, Ceviche. Bedanya, jika ceviche disajikan dengan irisan bawang merah besar di atasnya, kalau Naniura disiram dengan bumbu halus berwarna kuning.

Dulunya, kuliner ini hanya dihidangkan untuk raja-raja Batak, sekaeang Naniura bisa dinikmati oleh semua kalangan.

2. Ikan Arsik

Makanan khas Batak yang populer berikutnya ialah ikan Arsik. Kuliner lezat yang berbahan dasar ikan mas satu ini, biasanya dimasak secara terus menerus hingga kuahnya kering.

Adapun beberapa bumbu yang biasa digunakan untuk memasak ikan Arsik antara lain bawang Batak, bunga kecombrang, dan aneka bumbu dari andaliman lainnya.

Selain ikan mas, terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dijadikan bahan pembuatan Arsik, seperti ikan kembung, kakap, dan juga daging. Rasanya yang gurih dan lezat, menjadikan makanan khas Batak satu ini digemari oleh para wisatawan.

3. Natinombur

Natinombur merupakan olahan masakan khas batak dengan tetap berbahan dasar ikan yang sudah dipanggang terlebih dahulu.

Selanjutnya, ikan panggang tersebut akan dibumbui di atasnya dengan racikan sambal cabe andaliman khas batak yang rasanya menggigit lidah dan pedas yang nikmat.

4. Ayam Napinadar

Makanan khas batak yang satu ini berbahan dasar daging ayam yang dibumbui langsung dengan darah ayam dengan tingkat kematangan yang pas agar memperoleh rasa yang enak dan unik.

Dalam batak disebut manuk napinadar karena diolah dengan menggunakan sambal cabe andaliman dan dicampurkan darah ayam yang sudah diberi asam jeruk nipis. Kelezatan ayam napinadar ini akan lebih terasa bila dibuat pedas.

5. Babi Panggang

Babi panggang merupakan makanan yang paling banyak disukai oleh banyak kalangan penyuka daging non halal.

Sebelum dipanggang, babi dibumbui dengan jeruk nipis, kecap, ketumbar, bawang putih, merica dan sedikit garam guna menghasilkan rasa babi panggang yang enak dan gurih.

Daging babi akan matang dengan sempurna ketika perlahan-lahan lemak dari daging mulai keluar. Babi panggang akan lebih enak jika dagingnya memiliki lemak tidak hanya dagingnya saja.

Nah sobat blog, itulah beberapa pilihan kuliner khas Batak yang wajib kami coba bila berkunjung kedaerah Batak. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad