Seputar Fakta Menarik Marga Hutapea

Mungkin sudah tidak asing bagi kamu dengan Marga Hutapea. Hutapea adalah salah satu dari ratusan marga-marga yang ada di dalam suku Batak.

Meski berasal dari etnis yang sama, namun ada dua jenis marga Hutapea yang berbeda satu sama lainnya, yaitu Hutapea Tarutung atau Hutapea Silindung atau lebih dikenal dengan Hutapea Siopat Pisoran dan Hutapea Laguboti atau Hutapea Toba.

Mungkin diantara kamu atau bahkan keturunan Hutapea sendiri banyak yang tidak mengetahui beberapa fakta menarik dari marga Hutapea.

Lantas, apa saja sih fakta menarik dari marga Hutapea? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Berbeda Bonapasogit atau kampung halaman

Dari namanya, kita dapat langsung mengenali bahwa kampung halaman kedua marga Hutapea ini. Hutapea Tarutung berasal dari daerah Tarutung (Tapanuli Utara), sedangkan Hutapea Laguboti berasal dari daerah Laguboti Toba (Samosir).

2. Tarombo atau silsilah yang berbeda

Hutapea Tarutung merupakan keturunan dari Guru Mangaloksa yaitu anak kedua dari Hasibuan. Guru mangaloksa memiliki empat orang anak yaitu, Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutatoruan.

Dari keturunan Hutatoruan inilah lahir marga Hutapea dan Lumban Tobing. Sedangkan Hutapea Laguboti merupakan anak dari Puraja Laguboti putra bungsu dari Sipaettua. Hutapea laguboti mempunyai saudara yaitu marga Pangaribuan.

3. Penomoran Generasi

Untuk Hutapea Tarutung, ada penomoran yang di mulai dari si Raja Hutapea sebagai generasi pertama ke generasi berikutnya.

Turut juga dicatat nama-nama tiap generasi yang bertujuannya untuk mempererat hubungan antar marga Hutapea yang mungkin hanya terpaut hanya beberapa generasi dan juga untuk memudahkan memberikan sebutan yang lebih tepat apabila dua

4. Sebenarnya Boleh Saling Menikahi

Dikarenakan tidak berasal dari satu garis keturunan, kedua Hutapea ini dapat marlae (Ipar) yang sebenarnya bisa saling menikahi antara Hutapea Tarutung dan Hutapea Laguboti. Akan tetapi hingga saat ini belum pernah dijumpai yang seperti itu.

5. Sama-sama menjaga hubungan baik

Meski hanya memiliki kesamaan marga namun jika dua Hutapea yang berbeda bertemu biasanya akan selalu saling menjaga rasa kekeluargaan sesama keturunan Batak, dan saling menghargai.

Nah, itulah seputar fakta menarik marga Hutapea yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel di atas dapat membantu kamu mengenal fakta menarik marga Hutapea.

Posting Komentar

0 Komentar