Mengenal Genderang Sisibah, Alat Musik Suku Pakpak

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam alat musik tradisional. Setiap daerahnya pasti memiliki alat musik khasnya masing-masing, termasuk Sumatera Utara.

Kali ini kami akan membahas suku Pakpak Bharat. Salah satu alat musik tradisional khas Pakpak Bharat adalah Genderang Sisibah.

Genderang Sisibah ini adalah instrumen musik tradisional yang terdiri dari sembilan buah Sibah yang mirip seperti gendang. Alat musik ini biasa dihadirkan pada upacara-upacara adat dan sudah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya Pakpak.

Ingin tahu lebih dalam mengenai alat musik yang satu ini? Yuk, ikuti penjelasan berikut ini!

Terdiri Sembilan Sibah

Genderang Sisibah merupakan seperangkat alat musik yang terdiri dari sembilan buah Sibah yang dimainkan oleh delapan hingga sembilan orang yang disebut pande (orang yang pintar dan bijaksana).

Berisi Permohonan

Ensembel musik ini disebut merkata genderang (berbunyi genderang) karena bunyi yang dihasilkan bukanlah bunyi semata, melainkan kata-kata ungkapan dan permohonan masyarakat yang mengadakan upacara kepada roh leluhur serta kekuatan lainnya yang ada dalam kepercayaan mereka.

Dimainkan pada Upacara Adat

Alat musik yang satu ini biasanya dimainkan dalam upacara adat. Misalnya pada upacara adat perkawinan, peresmian rumah baru, pesta mejan dan lain sebagainya.

Tidak satu upacara pun yang dapat menghadirkan ensembel ini diluar dari ketentuan yang ada di atas.

Kehadiran alat musik ini menjadi pengabsahan akan status upacara yang akan dilaksanakan. Yaitu upacara masyarakat atau dalam bahasa Pakpaknya ‘kerje mbaik’. Dengan tingkat yang terbesar dan tertinggi atau dalah bahasa Pakpak yaitu ‘male bulung simbernaik’.

Dalam menghadirkan ensembel musik atau Genderang Sisibah ini biasanya masyarakat akan memberikan kerbau sebagai bentuk kurban yang akan disembelih. Dengan demikian ‘kerje mbaik, male bulung simbernaik dan kerbo’ menjadi syarat hadirnya alat musik tradisional suku Pakpak ini.

Tidak Dimainkan oleh Sembarang Orang

Alat musik Genderang Sisibah ini tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang. Orang yang diperkenankan untuk memainkan alat musik ini hanyalah orang-orang yang sepanjang hidupnya telah melaksanakan syarat-syarat adat secara penuh.

Oke sobat, itulah seputar penjelasan tentang alat musik Genderang Sisibah asal Pakpak yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar