Mengenal 5 Alat Musik Tradisional Batak Asli Sumatera Utara

Musik memiliki manfaat sebagai sarana untuk menunjukkan kebudayaan (identitas) suatu masyarakat. Salah satunya, daerah Sumatera Utara (Sumut) yang terdiri dari berbagai suku dan budaya berbeda, serta mempunyai banyak alat musik tradisional.

Alat musik tersebut sudah sangat tua dan digunakan oleh masyarakat secara turun temurun. Lantas, apa saja sih alat musik tradisional Batak Sumut yang masih lestari hingga saat ini? Ingin tahu? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Gonrang

Alat musik yang pertama adalah gonrang. Gonrang berasal dari bahasa Simalungun yang artinya Gendang. Gonrang hampir sama dengan gendang di kebudayaan Jawa. Alat tradisional yang satu ini banyak ditemui di Kabupaten Simalungun.

2. Sarune Bolon

Alat musik yang kedua adalah Sarune Bolon. Sarune Bolon merupakan alat musik traidisional asal Tapanuli yang terbuat dari kayu, tanduk kerbau dan kayu arung sebagai "ipit-ipit" atau sumber suara.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Sarune bolon berfungsi sebagai pembawa melodi dan lagu dalam Gondang Batak.

3. Hapetan

Alat musik yang ketiga adalah Hapetan. Alat musik tradisional Hapetan ini mirip dengan alat musik kecapi, yaitu berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Selain itu, alat musik yang satu ini juga sering disebut dengan Hasapi atau Kucapi.

4. Taganing

Alat musik yang keempat adalah Taganing. Alat musik ini berfungsi untuk pembawa melodi yang sifatnya lebih ritmis meningkahi (menjahit) permainan dari Sarune (melodi utama) pada ensambel gondang sabangun. Taganing dimainkan oleh satu atau dua orang dengan cara dipukul menggunakan palupalu (stik).

5. Garantung

Alat musik yang keterakhir adalah Garantung. Garantung merupakan salah satu alat musik Batak Toba, yang menjadi pembawa melodi.

Alat musik ini terbuat dari kayu ingol dan dosi yang memiliki lima bilah nada. Ada hal yang unik mengenai nama alat musik ini, karena ternyata di Kalimantan Tengah, Garantung juga merupakan nama alat musik tradisional.

Namun bedanya, di Toba Garantung adalah alat musik pukul yang terbuat dari kayu, sedangkan di Kalimantan Tengah Garantung merupakan alat musik tradisional sejenis gong.

Oke sobat, itulah beberapa alat musik tradisional Batak yang asli dari Sumatera Utara. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar