5 Makanan Khas Simalungun yang Wajib Dicoba

Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman jenis dan cita rasa kuliner nusantaranya. Tidak terkecuali dengan Simalungun, kabupaten yang berjarak 30 menit dari Ibu Kota Sumatera Utara, Medan ini memiliki kuliner yang begitu lezat.

Kuliner khas Simalungun sering dihidangkan pada prosesi upacara adat Batak atau pun acara-acara lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu makanan khas Simalungun, kami telah merangkum berapa makanan khas Simalungun yang wajib kamu coba. Yuk ikuti ulasan berikut!

Makanan Khas Simalungun

1. Dayok Nabinatur

Makanan khas Simalungun yang adalah Dayok Nabinatur. Dayok Nabinatur merupakan salah satu makanan spesial masyarakat Kabupaten Simalungun yang berbahan dasar daging ayam.

Hal ini sangat sesuai dengan namanya, yaitu ‘Dayok Nabinatur’ yang berasal dari kata ‘Dayok’ berarti ‘Ayam’ dan kata ‘Nabinatur’ berarti ‘disusun secara teratur’. Jadi, Dayok Nabinatur adalah ayam yang disusun secara teratur.

Daging ayam yang menjadi bahan baku utama untuk pembuatan makanan khas ini pun tidak boleh sembarangan seperti daging ayam kampung asli, atau lebih bagus lagi daging ayam rimba atau ayam hutan.

2. Hinasumba

Makanan khas Simalungun kedua adalah Hinasumba. Hinasumba merupakan makanan yang diolah dari daging ayam yang dicincang, dan diramu dengan rempah-rempah khas Simalungun.

Namun, ada beberapa jenis rempah-rempah khas Simalungun untuk pembuatan makanan khas ini yang sulit untuk didapatkan, salah satunya adalah Sikam (sejenis pohon yang sulit sekali ditemukan).

Selain itu, tidak semua orang pula bisa memasak makanan ini dengan lezat. Diperlukan keahlian dan praktek khusus untuk mengolahnya agar menjadi sebuah Hinasumba yang enak dan lezat untuk disantap.

3. Randu

Makanan khas Simalungun yang ketiga adalah Randu. Randu merupakan salah satu makanan khas yang sangat menyehatkan di Kabupaten Simalungun, karena dibuat dari berbagai jenis sayuran-sayuran seperti buah labu, pucuk labu, bayam, dan beberapa bumbu lainnya.

Namun dalam perkembangannya, makanan khas ini mengalami penurunan popularitas dikalangan masyarakat. Padahal, Randu adalah makanan khas yang sangat enak dan lezat.

4. Labar

Makanan khas Simalungun yang keempat adalah Labar. Labar merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Simalungun yang mudah dibuat, dimana makanan ini dibuat dari singkong (ketela pohon), daging ayam, dan beberapa bumbu khas dari Kabupaten Simalungun.

Biasanya, Labar disajikan dan disantap bersama nasi. Hanya saja, makanan khas yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan pendamping untuk minum tuak oleh masyarakat Kabupaten Simalungun

5. Nitak

Makanan khas Simalungun yang keterakhir adalah Nitak. Nitak atau lebih sering di sebut ‘Itak’ ini merupakan salah satu makanan berbahan dasar beras, yang hanya bisa ditemukan pada acara tertentu saja di Kabupaten Simalungun.

Citarasanya sendiri perpaduan antara rasa manis dan rasa lada. Biasanya, makanan khas ini dipadukan dengan Dayok Nabinatur untuk di hidangkan dalam sebuah acara seperti acara adat, acara pernikahan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Simalungun yang memiliki cita rasa lezat yang wajib kamu coba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar