Asal Usul Marga Sinaga


Hai sobat blog...

Siapa nih yang sudah pernah mendengar Marga Sinaga atau mungkin ada diantara para sobat blog sekalian yang berMarga Sinaga ? Tak hanya bersifat tegas, marga yang terhimpun dalam silsilah utama Toga Sinaga ini juga biasanya memiliki karakter yang murah hati dan tidak mudah untuk dikelabuhi.

Tahukah sobat dari mana Marga Sinaga berasal ? Jika ada diantara para sobat yang belum tahu dan ingin mengetahuinya, maka sobat telah memilih artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang dari mana sih Marga Sinaga itu berasal.

Silsilah Marga Sinaga

Sobat blog tahu gak sih kalau Marga Sinaga adalah marga batak tertua ?

Marga Sinaga termasuk salah satu marga tertua yang ada di suku Batak Toba. Berasal dari Desa Urat, Pulau samosir. Namun marga ini umum pula dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dan tidak sedikit pula, keturunan Marga Sinaga yang pada saat ini berada di berbagai penjuru dunia.

Marga Sinaga bukan berarti keturunan naga ya sobat. Marga Sinaga ini sendiri merupakan keturunan dari Si Raja batak generasi Kelima. Dari si Raja Batak yang memperanakan Guru Tateabulan. Guru tateabulan memperanakan Tuan Sariburaja. Tuan Sariburaja memperanakan Raja Lontung. Raja Lontunglah yang menjadi ayah dari Marga Sinaga.

Raja Lontung memiliki 9 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 2 anak perempuan (suku batak menyebutnya boru). Mereka antara lain :

1. Toga Sinaga

2. Tuan Situmorang

3. Toga Pandiangan

4. Toga Nainggolan

5. Toga Simatupang

6. Toga Aritonang

7. Toga Siregar

8. Siboru Amak Pandan

9. Siboru Panggabean

Lalu, Toga Sinaga merupakan ayah dari 3 orang putra yakni :

1. Raja Uruk

Raja Uruk memiliki 3 keturunan, yaitu :

* Sihatahutan.

* Barita Raja.

* Datu Hurung.

2. Raja Bonor

Raja Bonor memiliki 3 keturunan, yaitu :

* Raja Pande.

* Tiang Ditonga.

* Sahutnihuta.

3. Raja Ratus

Raja Ratus memiliki 3 keturunan, yaitu :

* Ratus Nagodang.

* Si Tinggi.

* Si Ongko.  

Tugu Toga sinaga

Tugu Toga Sinaga ini dibangun pada tahun 1966, setelah organisasi PPTSB atau Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna mengadakan pesta marga. Sebagai wujud dari eksistensi dan publikasi keturunan Marga Sinaga. Terletak di Pulau samosir, Desa Urat 2 kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Dalam pembangunannya, Tugu Toga Sinaga tidak rampung secara bersamaan. Tugu serta pembangunan bangunan di sekitar Tugu Toga Sinaga  dilakukan secara bertahap Dan benar-benar selesai dibangun pada tahun 2018 dengan bagian terakhir ialah Gapura.

Bentuk Tugu Toga Sinaga

Tugu Toga Sinaga memiliki panjang 17 meter dan menjulang tinggi keatas. Berwarna putih, dilengkapi dengan tangga terali besi, berlantaikan keramik merah dan bersapukan warna emas pada tulisan “Toga sinaga “. Membuat Tugu Toga Sinaga ini bergitu megah dan indah. 

Pernahkah sobat mengunjungi Tugu Toga Sinaga ini ? 

Dengan penjelasan diatas, semoga dapat menambah wawasan para sobat blog tentang marga sinaga. Marga tertua Batak Toba. Horas !

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar