5 Minuman Khas Sumatra yang Super Enak

Hai sobat blog, seperti yang kita tahu, Sumatra menjadi salah satu kawasan yang menawarkan berbagai tempat wisata yang indah dan juga menawan. Selain keindahan alamnya, banyak kuliner lezat khas Sumatra yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah minuman khas Sumatra.

Jika berkunjung ke Sumatra, kamu akan menemukan banyak makanan lezat serta minuman khas yang akan memanjakan lidah kamu. Sayang rasanya bila tidak mencoba salah satu minuman khas yang ditawarkan di daerah ini.

Lantas, apa saja sih minuman khas Sumatra yang memiliki cita rasa yang enak? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Minuman Khas Sumatra

1. Teh Susu Telur (Sumatra Utara)

Minuman yang pertama adalah ‘Teh Susu Telur’. Minuman yang satu ini merupakan minuman yang menjadi favorit semua orang yang tinggal di Sumatra Utara khususnya warga Medan.

Jika kamu berkesempatan berlibur ke Sumatra Utara, kamu dapat mencoba teh susu telur. Biasanya, ketika malam tiba badan terasa sangat dingin, kamu bisa menghangatkannya kembali dengan meminum segelas teh susu telur.

Minuman ini terdiri dari dari teh, susu dan kuning telur serta gula yang diseduh dengan air panas. Kuning telur yang digunakan biasanya berasal dari telur ayam ataupun telur bebek. Tidak perlu khawatir dengan rasa yang dihasilkan, pasti kamu akan terpukau dengan rasa perpaduan yang pas dan tidak ingin berhenti untuk meminumnya.

2. Jus Martabe (Sumatra Utara)

Minuman yang kedua adalah ‘Jus Martabe’. Jika berlibur ke Sumatra Utara kamu wajib mencoba minuman yang satu ini. Minuman ini sangat populer di seluruh Pulau Sumatra khususnya di wilayah Sumatra Utara.

Dilihat dari segi nama, jus martebe merupakan singkatan dari jus markisa dan terong belanda. Perpaduan markisa dan terong belanda akan terasa manis dan sangat segar di tenggorokan kamu. Rasa dahaga di siang hari akan hilang dengan meminun jus yang satu ini. Sangat disayangkan jika Anda berlibur di Sumatra Utara tanpa mencoba segarnya jus martebe.

3. Jus Pinang Muda (Sumatra Barat)

Minuman yang ketiga adalah ‘Jus Pinang Muda’. Saat berada di Sumatra Barat, jus pinang muda menjadi salah satu minuman khas yang bisa kamu coba.

Banyaknya manfaat yang ditawarkan menjadikan minuman yang satu ini bayak diminati, khususnya oleh pria. Jus pinang muda menawarkan manfaat yang luar biasa. Minuman ini biasanya dihidangkan dengan tambahan telur, susu, dan madu sebelum dihidangkan.

4. Aia Kawa (Sumatra Barat)

Makanan yang keempat adalah ‘Aia Kawa’. Bila berkunjung ke Sumatra Barat, kamu harus mencoba minuman yang satu ini. Aia kawa merupakan minuman berbahan dasar daun kopi. Daun kopi diseduh menggunakan air panas, cara menyeduhnya cukup mudah layaknya menyeduh teh.

Uniknya, minuman yang satu ini disajikan dengan belahan tempurung kelapa sebagai wadahnya dan potongan bambu sebagai tatakannya. Minuman yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu, akan tetapi masih lestari hingga saat ini.

5. Es Tebak (Sumatra Barat)

Minuman yang terakhir adalah ‘Es Tebak’. Minuman yang satu ini berhasil membuat penasaran hampir semua orang karena keunikan namanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatra Barat berbondong-bondong mencoba es ini.

Es tebak di sajikan dengan mangkok. Semangkok es tebak berisi kolang-kaling, cincau hitam, tape ketan dan tebak. Tidak perlu bingung dengan kata tebak, tebak berbentuk seperti cendol yang terbuat dari tepung sagu dan tepung beras ketan yang dimasak dengan kapur sirih dan air garam.

Biasanya, minuman khas Sumatra yang satu ini disajikan dengan serutan es, susu kental manis serta sirup merah untuk menambah kelezatan citarasanya. Tak heran jika es tebak menjadi incaran banyak orang ketika berada di Sumatera Barat.

Nah sobat blog, itulah beberapa minuman khas Sumatra yang wajib kamu coba bila berkunjung ke daerah Sumatra. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar