5 Film Bertema Budaya Batak yang Wajib Kamu Tonton

Batak merupakan salah satu suku yang sangat beragam, mulai dari adatnya, marga, hingga sejarah latar belakang perkembangan budaya batak di Indonesia.  

Tak hanya itu, suku yang berada di Sumatera Utara, Indonesia ini juga memiliki daya pikat alamnya yang sangat indah.

Hal itulah yang membuat banyak para penggiat sineas tertarik mengangkat tema budaya Batak ke dalam filmnya.

Selain untuk menghibur, film yang bernuansa budaya yang kental ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat.

Lantas, apa saja sih film yang bernuansa budaya Batak yang telah dirilis di bioskop? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

1. Ngeri-Ngeri Sedap

Film yang pertama adalah Ngeri-Ngeri Sedap. Film ini menceritakan kisah Pak Domu dan Mak Domu yang tinggal bersama anak perempuannya Sarma.

Pak Domu dan Mak Domu ingin sekali tiga anaknya, yaitu Domu, Gabe dan Sahat yang sudah lama merantau pulang untuk menghadiri acara adat untuk opungnya.

Akan tetapi ketiga anaknya itu menolak pulang karena hubungan mereka tidak harmonis dengan bapaknya. Film ini sangat relate dengan kehidupan orang Batak. Film ini telah tembus 2 juta penonton loh.

2. Toba Dreams

Film yang kedua adalah Toba Dreams. Film ini mengisahkan karya TB Silalahi yang salah mendidik ketiga anaknya. TB mendidik anak-anaknya dengan sangat keras, layaknya didikan kepada tentara. Karena tidak terima dengan didikan ayahnya, Ronggur yang merupakan anak sulung dari TB, selalu memberontak.

Dengan alasan mencapai cita-cita, Ronggur pun kembali ke Jakarta. Namun di Jakarta Ronggur malah berubah menjadi seorang mafia narkoba dan merebut kekasihnya (Andini) dari orangtuanya dengan siasat bahwa Ronggur telah menghamilinya.

Beberapa tahun kemudian, Ronggur dan Andini menjadi keluarga yang utuh dan mempunyai anak.

Namun karena masa lalu dari Ronggur yang kelam, membuat keluarga mereka kembali berhadapan dengan mafia dan akhirnya tertembak sewaktu dirinya pulang ke kampung dengan niat melarikan diri dari para mafia yang mengejarnya

3. Mursala

Film yang ketiga adalah Mursala. Jika kamu tahu Mursala itu merupakan sebuah pulau di Tapanuli Tengah. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda Batak bernama Anggiat yang merantau ke Jakarta. Ia menjadi seorang pengacara.

Orangtua Anggiat ingin ia segera menikah. Dia kemudian menikahi paribannya bernama Tiur. Tiur ternyata adalah teman bermain Anggiat semasa kecil di Pulau Mursala. Di Jakarta, Anggiat ternyata telah menemukan tambatan hatinya yang juga boru Batak yang bernama Clarita.

Sayangnya, Clarita dan Anggiat tidak bisa bersatu karena larangan adat, mereka berdua merupakan saudara (marito) karena Clarita bermarga Saragih sementara Anggiat bermarga Simbolon.

4. Pariban

Film yang keempat adalah Pariban. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda Batak yang bernama Halomoan (Ganindra Bimo), ia telah lama tinggal di Jakarta dan telah memiliki pekerjaan yang mapan.

Karena telah berusia 35 tahun, Halomoan pun diminta orang tuanya untuk cepat-cepat menikah. Meski sudah melakukan banyak usaha, namun Halomoan tidak menemukan satupun perempuan yang cocok untuk menjadi calon istrinya.

Akhirnya, orangtua Halomoan memutuskan untuk menjodohkan ia dengan paribannya yang ada di kampung. Halomoan disuruh pergi ke kampung untuk bertemu dengan paribannya yang bernama Uli (Atiqah Hasiholan).

Dengan berat hati, Halomoan pun pergi ke kampung dan menyampaikan maksud kedatangannya kepada Uli dan kedua orangtua Uli. Namun ternyata Uli sudah memiliki kekasih.

5. Bulan di Atas Kuburan

Film terakhir adalah Bulan di Atas Kuburan. Film ini menceritakan tentang tiga orang sahabat yang ingin mencapai mimpinya dengan merantau ke Jakarta. Mereka bertiga adalah Sahat (Rio Dewanto), Sabar (Tio Pakusadewo) dan Tigor (Donny Alamsyah).

Namun sesampai Jakarta mereka bertiga berpisah. Mereka menjalani hidup sendiri-sendiri dan dihadapkan dengan permasalahan hidup yang semakin rumit.

Nah, itulah beberapa film bernuansa budaya Batak yang wajib kamu tonton khususnya buat kamu yang orang Batak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Marga Sianturi

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad