Adat Istiadat pada Suku Batak yang Wajib Kamu Ketahui!

Adat Istiadat pada Suku Batak yang Harus Kamu Ketahui

Indonesia meupakan negara yang memiliki banyak kebudayaan, dan juga suku bangsa. Dari berbagai daerah mulai Sabang, hingga Merauke. Salahnya adalah suku Batak.

Suku Batak merupakan sebuah suku yang terdapat, hampir semua daerah di Indonesia. Mengutip dari buku Suku-suku Bangsa di Sumatera, karya Giyanto, nenek moyang Suku Batak merupakan kelompok Proto Melayu atau Melayu Tua.

Tidak heran, jika kebudayaan adat istiadat masing-masing suku, pasti memiliki perbedaan. Artikel ini sudah merangkum, beberapa kebudayaan pada suku Batak, yang kamu harus tau. Berikut beberapa kebudayaan yang biasa terjadi pada suku Batak di Sumatera Utara.

1. Adat Tuhor pada Suku Batak

Istilah tuhor dalam suku Batak, memiliki makna yang berarti uang. Lebih jelasnya adalah pria yang ingin melamar wanita, harus memberikan sejumlah uang mahar, yang nantinya digunakan untuk membiayai pesta pernikahan dan juga segala kebutuhan dari mempelai wanita, seperti kebutuhan pakaian dan lain sebagainya.

Tuhor atau mahar yang diberikan oleh pihak lelaki, biasanya akan semakin mahal jika wanita yang dilamarnya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Adat istiadat satu ini memang menuai banyak kontroversi. Akan tetapi adat istiadat pada suku Batak modern sudah mengesampingkan budaya ini.

2. Budaya Mandok Hata

Mandok hata dalam kebudayaan suku Batak berarti menuangkan nasehat, dan juga isi hati, yang biasa dilakukan pada saat pergantian tahun. Kebiasaan satu ini dilakukan saat beberapa anggota keluarga kumpul bersama.

Budaya mandok hata bertujuan untuk evaluasi dari tahun yang sudah dijalani, dan juga rencana-rencana yang akan dijalani pada tahun selanjutnya. Selain itu budaya mandok hata bisa dijadikan sebagai acara untuk saling mamaafkan, antar anggota keluarga.

3. Adat Istiadat Mangokal Holi

Mangokal holi, merupakan sebuah budaya ritual untuk menggali makan leluhur, dan memindahkan tulang belulangnya ke tempat yang baru. 

Biasanya pada saat melakukan adat istiadat ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, hal tersebut karena adat istiadat ini membutuhkan hewan kurban, dalam prosesinya.

Masyakat Batak percaya jika arwah leluhur akan hidup abadi, maka dari itu tulang belulangnya perlu dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Upacara ini sering dianggap sebagai salah satu simbol tertinggi dari martabat suatu keluarga pada suku Batak.

4. Menikahi Pariban atau Sepupu

Jangan heran apabila anda mendengar istilah ini, pada suku Batak. Akan tetapi, tidak sembarang sepupu yang dapat dinikahi dalam kebudayaan suku Batak. Apabila kamu perempuan, maka kamu bisa menikahi anak laki-laki, dari adik perempuan ayahmu.

Dalam istilahnya sepupu yang bisa dinikahi dalam suku Batak adalah pariban.

5. Kebudayaan Martarombo

Suku Batak merupakan sebuah suku yang masih memegang teguh adat istiadat, pada kehidupan sehari-harinya. Kebudayaan martarombo pada suku Batak berarti bercengkrama antar individu, guna mencari hubungan tali persaudaraan.

Secara sederhana, kebudayaan ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kekeluargaan dengan orang yang kita tanya. Kebudayaan ternyata sangat bermanfaat dalam mempererat tali persaudaraan antar suku Batak.

6. Tarian Gondang Naposo

Adat istiadat satu ini dilakukan pada jaman dahulu oleh para pemuda, untuk mendapatkan jodoh. Kebudayaan ini memperlihatkan anak muda dari suatu kampung lain, dan datang untuk melihat kekasih hatinya.

Biasanya kebudayaan suku Batak satu ini di selenggarakan pada saat bulan purnama, setelah  upacara Mangsar Taon yang biasanya dilaksanakan setelah panen raya.

7. Adat Mangulosi pada Suku Batak

Adat mangulosi dalam kebudayaan suku Batak, merupakan prosesi pemberian kain ulos kepada seseorang, sebagai persembahan. Tradisi kebudayaan Batak satu ini banyak dijumpai pada saat acara pernikahan. 

Akan tetapi prosesi pemberian ulos, ternyata tidak dilakukan oleh sembarangan orang, pemberian ulos hanya dilakukan oleh orang yang di tuakan pada sukunya.

Berikut tadi merupakan beberapa adat istiadat yang ada pada suku Batak. Semoga informasi pada artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui beberapa kebudayaan yang ada pada suku Batak, di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar