Mari Mengenal Fakta Unik Kebudayaan Suku Batak

 


Indonesia terkenal akan keberagaman etnis suku dan budayanya. Dari ujung barat hingga timur mempunyai ciri khas serta identitasnya masing-masing. Kali ini kita akan membahas tentang suku Batak. Suku Batak berasal dari wilayah Sumatera Utara. Sampai sekarang, masih belum ditemukan peninggalan khusus yang menyebutkan asal-usul nenek moyangnya. Namun, diperkirakan leluhurnya sudah ada sejak zaman logam. Ini karena artefak dari zaman Neolitikum untuk menjelaskan leluhurnya belum ada ditemukan.

Nilai Adat Istiadat

Setiap suku pastinya memiliki falsafah yang digunakan sebagai pedoman hidup. Falsafah setiap suku selalu berbeda-beda karena kepercayaan yang mereka yakini juga berbeda. Berikut adalah nilai-nilai adat yang dimiliki suku Batak :

  1. Hagabeon. Hagabeon adalah harapan masyarakat Batak untuk memiliki keturunan anak cucu yang baik. Selain baik, mereka juga selalu berharap anak cucu mereka diberi kesehatan. Tujuan utama dari pernikahan menurut orang Batak adalah memiliki keturunan. Terutama untuk anak laki-laki yang biasanya akan meneruskan nama marganya.
  2. Uhum dan Ugari. Uhum dan Ugari merupakan hukum di masyarakat Batak. Orang Batak sangat menegakkan hukum dan memprioritaskan sikap keadilan. Hukum adat Batak ini erat kaitannya dengan sebuah kesetiaan dan janji. Jika ada yang melanggar sebuah kesepakatan yang sudah dijanjikan, maka akan menerima sebuah sanksi. Jika ada yang berkhianat, maka akan mendapatkan celaan dari masyarakat sekitar. Hukum bagi orang Batak merupakan suatu hal yang sangat penting untuk ditaati.
  3. Marsisarian. Ini merupakan sebuah nilai untuk saling menghormati, mengerti dan membantu. Nilai ini tercipta karena adanya perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu dengan adanya nilai ini dapat mencegah dan mengatasi konflik yang ada dalam kehidupan sosial.
  4. Hamoraon. Hamoraon dalam bahasa Indonesia memiliki arti kehormatan. Seseorang akan terhormat apabila memiliki kekayaan dan sikap baik terhadap sesama.
  5. Kekerabatan. Suku Batak merupakan salah satu suku yang terkenal dengan kekerabatannya yang sangat erat. Nilai tersebut menjunjung tinggi adat yang dimilikinya yaitu Dalihan Na Tolu. Hubungan dari kekerabatan ini sendiri diwujudkan dengan pertalian perkawinan, tutur kata yang baik serta Martarombo. Martarombo biasanya dilakukan oleh suku Batak yang sedang merantau untuk mencari pertalian sesama marga yang dimiliki.

Fakta Unik

Berikut fakta-fakta unik yang dimiliki oleh suku Batak yaitu :

  • Mandok Hata.  Mandok Hata memiliki arti yaitu bercakap-cakap sebelum menjelang tahun baru. Hal ini adalah salah satu kebiasaan yang dimiliki suku Batak. Tradisi ini biasanya dilakukan waktu kumpul bersama keluarga besar dan saling bercerita yang dimulai dari orangtua setelah itu ke anak mengenai evaluasi yang dilakukan selama setahun dan dilanjutkan dengan meminta maaf serta rencana yang akan dilakukan tahun depan.
  • Pantangan menikah dengan satu marga. Di dalam kebudayaan Batak, anak Batak dengan beberapa marga masih dianggap satu silsilah sehingga bisa dikatakan sebagai saudara. Jadi tidak boleh baginya untuk menikah dengan seseorang yang satu marga dengannya.
  • Menikah dengan pariban (sepupu). Dalam suku Batak memiliki silsilah menikah dengan pariban atau sepupu. Pariban disini merupakan jodohnya. Sepupu yang dimaksud disini adalah jika ada seorang perempuan maka dapat menikah dengan anak laki-laki dari adik perempuan ayahnya. Sedangkan jika seorang anak laki-laki maka menikah dengan anak perempuan dari adik laki-laki ibu.
  • Mangulosi. Ulos merupakan kain tradisional dari Batak. Terdapat bermacam-macam jenis ulos dan hal ini tergantung dari fungsi pemakaiannya. Di dalam upacara baik itu pernikahan ataupun kematian biasanya menggunakan kain ulos yang berbeda dan tidak jarang hal ini menunjukkan strata seseorang dalam lingkungan sosial.
  • Tuhor. Tuhor memiliki arti uang yang digunakan untuk menebus perempuan ketika hendak dilamar oleh laki-laki. Uang tuhor ini nantinya digunakan untuk biaya pernikahan dan kebutuhan pernikahan. Dan semua ini tergantung kesepakatan pihak laki-laki dan perempuan.
  • Memiliki beberapa sub suku. Suku Batak yang memiliki beberapa sub suku yaitu Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Pakpak dan Batak Karo. Walaupun secara keseluruhan sama dalam suku Batak namun memiliki perbedaan baik dari segi bahasa, kebiasaan maupun budayanya.

Nah, demikian penjelasan mengenai nilai-nilai adat istiadat dan fakta unik yang dimiliki suku Batak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marga Suku Batak yang Ada di Sumatera Utara

Daftar Marga Suku Batak yang Ada di Toba Berdasarkan Abjad

Umpasa Batak Pernikahan Yang Unik Dan Enak Didengar